Akibat Kuras Sumur, Pria Paruhbaya Di Situbondo Nyaris Tewas Keracunan

author
Penulis: 
204 dilihat

Korban saat dirawat di Puskesmas Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Tengah.MutiaraindoTV, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur. Seorang pria paruhbaya mengalami keracunan akibat asap mesin pompa air, saat menguras sumur milik tetangganya di Dusun Sekarputih, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, kemarin.

Namun, karena saat ditemukan korban Juhatip (65 Tahun) kondisinya diketahui sudah mulai kritis, sehingga pihak keluarga langsung membawa korban ke Puskesmas Banyuputih, Situbondo. Bahkan, hingga berita di tulis, korban masih mendapat perawatan intensif dari petugas medis Puskesmas setempat.

Keterangan yang berhasil dihimpun Wartawan Media MutiaraindoTV, nasib nahas yang dialami oleh korban, itu bermula saat korban Juhatip bersama warga setempat melakukan gotong royong. Untuk menguras sumur milik tetangganya, yang mempunyai kedalaman sekitar 16 meter lebih, dengan menggunakan mesin pompa air.

Mengingat usia korban yang diketahui sudah sepuh, sebetulnya warga melarang korban untuk turun ke sumur yang mempunyai kedalaman sekitar 16 meter lebih, namun korban tidak menigndahkan larangan warga. Ironisnya, hanya dalam jangka waktu 10 menit korban turun ke dalam sumur, korban diketahui mengalami keracunan asap dari mesin pompa air.

Begitu mengetahui korban mengalami keracunan asap mesin pompa air, salah seorang warga langsung menghubungi petugas Polsek Banyuputih, Situbondo. Bahkan, berkat kesigapan petugas polsek dan warga setempat, korban berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat, dengan menggunakan tabung oksigen milik Puskesmas.

Selanjutnya, korban langsung dibawa ke Puskesmas setempat, untuk mendapat perawatan secara intensif.

“Karena korban sudah sepuh, sebetulnya warga melarang korban untuk turun, namun korban tetap maksa untuk turun ke dalam sumur,”kata Tori salah seorang warga setempat. Minggu, 26 Mei 2019.

Kepala bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Situbondo Gatot Trikorawan SE., M.Si mengatakan, pada hari Minggu pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Saat itu korban sedang menguras sumur milik tetangganya di kedalaman 16 meter, diduga korban sesak nafas karena asap dari jenset yang di dipergunakannya. Sehingga korban lemas, kemudian minta tolong ke temannya yang ada diatas sumur.

Sambung Gatot, selanjutnya warga menghubungi instansi terkait untuk dilakukan upaya penyelamatan. Kemudian korban langsung dievakuasi oleh warga sekitar pukul 10.30 WIB dengan menggunakan tabung oksigen milik Puskesmas Banyuputih dalam keadaan selamat.

” Saat ini korban berada di Puskesmas Banyuputih untuk dilakukan tindakan medis dan di rawat inap untuk memulihkan kesehatannya, “katanya.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Situbondo Iptu H. Nanang Priyambodo S.Sos saat dikonfirmasi Wartawan Media MutiaraindoTV, membenarkan adanya seorang warga yang mengalami keracunan asap mesin pompa air, saat menguras sumur milik tetangganya di Dusun Sekarputih, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

“Karena korban mengalami sesak nafas diduga akibat menghirup asap saat menguras sumur, hingga kini, korban masih menjalani perawatan intensif oleh petugas medis Puskesmas Banyuputih, Situbondo. ”Ujar Iptu H. Nanang Priyambodo S.Sos. (Imam)

Berita Terbaru, Nusantara

Posting Terkait

Permalink ke Warga Kilensari Inisial WI Dilaporkan Kasus Dugaan Penganiayaan
Warga Kilensari Inisial WI Dilaporkan Kasus Dugaan Penganiayaan
Mutiaraindotv, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Na’as, Warga Kampung Somangkaan RT.
Permalink ke Upaya Percepatan Putus Mata Rantai Covid-19, Danrem 162/WB Pimpin Patroli Gabungan
Upaya Percepatan Putus Mata Rantai Covid-19, Danrem 162/WB Pimpin Patroli Gabungan
Mutiaraindotv, Kota Mataram, Prov. Nusa Tenggara Barat, Situasi perkembangan
Permalink ke Kapolres Batu Bara Ajak Jajaran Polres Untuk Tanggap Giat Sehat
Kapolres Batu Bara Ajak Jajaran Polres Untuk Tanggap Giat Sehat
MutiaraindoTV, Kabupaten Batu Bara – Sumatera Utara. Kapolres Batu
Permalink ke Kepala Desa Curah Kalak Memberikan Bantuan BST Bagi 95 Warga 
Kepala Desa Curah Kalak Memberikan Bantuan BST Bagi 95 Warga 
Mutiaraindotv, Situbondo – Jawa Timur, Desa curah kalak Kecamatan M.

Tinggalkan pesan

Ragam & Peristiwa

Hadapi Dampak Pandemi Covid19, UMKM Dukung Pemerintah Untuk Pemulihan Ekonomi
  MUTIARAIndoTV .com(JAKARTA)- PLT Ketua DPD Asosiasi Pedagang Kaki
Bangun Topping Off Terbanyak 28 Tower Selama Kurang Dari 1 Tahun, Meikarta Pecahkan Rekor MURI
    MUTIARAIndoTV (Bekasi)- Penghargaan bergengsi MURI diberikan Meikarta atas hasil
Webinar LAMI Di Hari Bhayangkara 74 : Polri Berkewajiban Mengamankan Kebijakan Pemerintah Dalam Mengatasi Covid19
  MUTIARAIndoTV (BEKASI)- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Aspirasi
Bupati Mura Didampingi Kadis Pariwisata, Resmikan Taman Wisata Podomoro Paradise
Mutiaraindotv, Muara Lakitan – Pemkab Mura, Diujung wilayah Kecamatan