Diduga Fiktif Kegiatan Anggaran Dana Desa Dari 2016 – 2018 Desa Bingin Jungut

author
Penulis: 
3777 dilihat

Asnawi Mangku Alam Kepala Desa Bingin Jungut, Kecamatan Muara Kelinggi, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

MutiaraindoTV, Kabupaten Musi Rawas – Sumatera Selatan. Berdasarkan laporan secara resmi dari Masyarakat dan Lembaga Swadaya Kabupaten Musi Rawas, terkait Anggaran Desa Bingin Jungut, Kecamatan Muara Kelinggi Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan. Senin, 15 Oktober 2018.

Asnawi Mangku Alam Kepala Desa Bingin Jungut, telah diduga menyalagunakan wewenang penggunaan Dana Desa (DD). Yang bersumber dari APBN APBDES yang selama ini telah membuat laporan fiktif dan Mark-Up dari Tahun 2017 – 2018.

Dengan rinciaan kegiatan sebagai berikut :

  1. Pembangunan 2 (dua) Gedung Paud Tahap I Tahun 2017 hanya diperuntukan hasil dari Pembangunan Pondasi ukuran 6 x 12 m, yang menelan Dana sebesar Rp. 190.000.000, -(Seratus Sembilan Puluh Juta Rupiah).
  2. Pembangunan Talud dan Pagar Paud Tahun 2018 yang menelan Dana sebesar Rp. 100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah).
  3. Bantuan untuk Karang Taruna Tahun 2017 sebesar Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah), yang hingga saat ini tak disalurkan dengan Bukti Surat Pertangung Jawaban (SPJ fiktif).
  4. Kegiatan BUMDES Tahun 2016 sebesar Rp. 60.000.000, (Enam Puluh Juta Rupiah) untuk belanja langsung pengadaan Sapi tidak produktif.
  5. Kegiatan BUMDES Thun 2017 sebesar Rp. 50.000.000, (Lima Puluh Juta Rupiah) yang mana dana tersebut tak disalurkan ke Pengurus BUMDES yang digunakan untuk kepentingan pribadi.

Kegiatan gemar menanam pohon yang tidak di salurkan ke Masyarakat, penanaman pohon dikerjakan di lahan tanah pribadi oknum Kepala Desa Bingin Jungut dengan anggaran sebesar Rp. 20.000.000, (Dua Puluh Juta Rupiah) yang dibagi 2 kegiatan diantaranya :

  1. Pembelian Bibit Pohon sebesar Rp. 10.000.000, (Sepuluh Juta Rupiah)
  2. Pembersihan Lahan sebesar Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah)

Sambung pelapor ke Tim MutiaraindoTV, bahwa indikasi sementara diduga kerugian negara yang bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar Rp. 170.000.000,-  (Seratus Tujuh Puluh Juta Rupiah). Lain hal kesaksian dan narasumber dari Badan Perwakilan Desa (BPD) Bingin Jungut, yang egan disebut namanya di Kecamatan Muara Kelinggi.

Serta Konsultan Pembangunan Gedung Paud Edi Setiawan yang menunjukan gambar denah dan bentuk Gedung Paud dan tambahan laporan Bendahara Desa terkait kerugian negara sebesar Rp. 170.000.000,- (Seratus Tujuh Puluh Juta Rupiah) tersebut, adalah benar adanya.

Sedangkan laporan Kepala Dusun 4 Desa Bingin Jungut Nirwan mengatakan, Asnawi Mangku Alam Kepala Desa Bingin Jungut telah mengembalikan Uang sebesar Rp. 90.000.000,- (Sembilan Puluh Juta Rupiah). Dalam hal klaim Proyek Pembangunan Jalan Setapak. Uang tersebut di kembalikan Kepala Desa dengan siapa tak jelas kebenarannya, dikarenakan Proyek Jalan Setapak tersebut. Benar proyek Anggota Dewan Dapil Muara Kelingi, diduga ada 2 (Dua) nama yaitu :

  1. Waisun.
  2. Yuzakir.

Keinginan Masyarakat dan Lembaga Swadaya Kabupaten Musi Rawas kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, terkhusus Inspektorat dan Kepolres dengan Laporan yang sudah disampaikan secara resmi tertanggal 29 Mei 2018 dengan Nomor: 043/DPD-JPKP/PDG/V/2018. Agar dapat melakukan tindakan dengan fakta di lapangan, dan sampai saat ini Laporan Masyarakat dan Lembaga Swadaya ke inspektorat Kabupaten Musi Rawas.

Sampai saat ini belum melakukan tindakan pemanggilan terhadap Kepala Desa dan Kasi PMD Kecamatan Muara Kelinggi yang bertugas sebagai Kuasa Pengguna Anggaran, dan Saksi Pengawasan dalam Program Kegiatan Anggaran Dana Desa APBDES di Desa Bingin Jungut, Kecamatan Muara Kelinggi, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan. (Tim MutiaraindoTV)

Berita Terbaru, Nusantara

Posting Terkait

Permalink ke Puluhan Cabang Olahraga Ikuti Rapat Evaluasi Persiapan Pemilhan Ketum KONI Bener Meriah
Puluhan Cabang Olahraga Ikuti Rapat Evaluasi Persiapan Pemilhan Ketum KONI Bener Meriah
MutiaraindoTV, Kabupaten Bener Meriah – Aceh. Rapat persiapan Musyawarah
Permalink ke Menanam Demi Anak Cucu, Tim 5 Satgas Karhutla Tanam Pohon
Menanam Demi Anak Cucu, Tim 5 Satgas Karhutla Tanam Pohon
MutiaraindoTV, Kabupaten Hulu Sungai Tengah – Kalimantan Selatan. Tim
Permalink ke Warga Kayuara Tewas Bersimbah Darah Di Jalan Lintas Kenanga
Warga Kayuara Tewas Bersimbah Darah Di Jalan Lintas Kenanga
  MutiaraindoTV, Kota Lubuklinggau – Sumatera Selatan. Kenanga I
Permalink ke Polisi Cilik Polres Lubuklinggau Meraih Prestasi
Polisi Cilik Polres Lubuklinggau Meraih Prestasi
Mutiaraindotv, Palembang – Sumatera Selatan, keberangkatan Tim Polisi Cilik

Tinggalkan pesan

Ragam & Peristiwa

Danramil 03 Serengan Ajak Warga Jaga Kerukunan Beragama
Mutiaraindotv(Surakarta)- Kapten Inf Tri Sakti K Danramil 03/Serengan Kodim
Tjandra Setiadji ; Pemberitaan Papua Menjadi Atensi IMO-Indonesia
JAKARTA, mutiaraindotv.com | Pemberitaan tentang Papua beberapa hari terakhir menjadi
DPW IMO Sulsel Segera Di Deklarasikan
MAKASSAR, mutiaraindotv.com – Ikatan Media Online (IMO) Indonesia merupakan
Sule Dekat Dengan Bu Kades, Ada Apa? ,
  Mutiaraindotv.com (Bekasi)-Warga Lambangsari Tambun Selatan mengisi kemeriahan HUT