Heboh Dugaan Manipulasi Data Pencatatan Perkawinan, Kades Kayumas dan KUA Arjasa Saling Tuding

author
Penulis: 
407 dilihat

 

Kades Kayumas Abdul Jalil, membantah telah memanipulasi surat pengantar nikah bahkan menyalahkan pihak KUA Arjasari yang tidak teliti.

 

Mutiaraindotv(Situbondo)-Terkait adanya pemberitaan di media online dan cetak yang menyebutkan bahwa, Abdul Jalil Kepala Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo diduga memanipulasi data status perkawinan antara Erna dan Febri dibantah keras Abdul Jalil.

Abdul Jalil, saat ditemui beberapa awak media di rumahnya mengatakan bahwa, adanya pemberitaan yang menduga dirinya telah memanipulasi data surat pengantar nikah dari desa ada kejanggalan dalam pemberitaannya.
“Apa yang kita lakukan sudah sesuai prosedur. Seharusnya, pihak Kantor Urusan Agama (KUA) mengecek ulang data surat pengantar dari desa sebelum mengesahkan pernikahan. Apabila ada kejanggalan di surat pengantar dari desa tersebut, maka pihak KUA berhak mengembalikan atau menolak berkas tersebut,”tegas Abdul Jalil.Jumat(20/9).

Lebih lanjut, Abdul Jalil menjelaskan bahwa, status Erna sejak tahun 2013 sampai 2015 sudah pisah ranjang dengan Rudy suaminya. Selanjutnya, Erna pulang ke rumah orang tuanya di Desa Kayumas. Sejak saat itu, Erna merasa digantung sama Rudy, dan tidak di nafkahi lahir bhatin. Bahkan Rudy enggan mengajukan cerai ke Pengadilan Agama dengan berbagai macam alasan,

Selanjutnya pada tahun 2015, Erna menjalin hubungan dengan seorang laki laki bernama Febri. Namun pada Tahun 2017 rumah tangga Erna dan Febry pun kandas ditengah jalan.

” Saya selaku Kepala Desa Kayumas diduga telah memanipulasi data yang tertulis diatas tersebut,” demikian pungkas Abdul Jalil.

Sebelumnya dugaan manipulasi data pencatatan perkawinan sempat heboh di beritakan media online. Diketahui pernikahan Erna dan Febri secara resmi tercatat di KUA Arjasa, dengan nomer register 0212/004/VIII/2015.

Padahal belum ada putusan cerai resmi dari pengadilan agama, anehnya antara Er dan Feb sudah mendapatkan buku nikah sah dari KUA Arjasa. No 0212/004/VIII/2015.

Berdasarkan barang bukti, diduga Kades Kayumas Abdul Jalil memalsukan data N1, N2, N3 dan N4 dengan status perawan, atas nama Er.

Suami sah dari Er,Rud merasa dirugikan, kasus ini dilaporkannya ke Polsek Arjasa namun dari Polsek setempat diarahkan ke Polres Situbondo.

Anehnya pihak KUA Arjasa merasa kecolongan. Bahkan Kepala KUA Arjasa memberikan keterangan secara resmi bahwa Er dan Rud masih tercatat sah sebagai suami istri. Tercatat di register KUA Kec. Arjasa nomor : 0377/047/XI/ 2012 tanggal 19 november 2012, seperti di kutip media Indonesia jaya.com.(Irwan)

Berita Terbaru, Hukum & Kriminal

Posting Terkait

Permalink ke Tim Opsnal Satreskrim Polres Mura Berhasil Membekuk Begal Bersenpi Di Kebun Sawit
Tim Opsnal Satreskrim Polres Mura Berhasil Membekuk Begal Bersenpi Di Kebun Sawit
Mutiaraindotv, Polres Musi Rawas, Tim Opsnal Satreskrim Polres Musi Rawas
Permalink ke Kapolda Sumsel Makan Bareng Para Personil Di Mapolda
Kapolda Sumsel Makan Bareng Para Personil Di Mapolda
Mutiaraindotv, Polda Sumatera Selatan, Sikap seorang Pemimpin yang Religius dan
Permalink ke TNI-Polri Di HST Makamkan PDP Dengan Protokol Covid-19
TNI-Polri Di HST Makamkan PDP Dengan Protokol Covid-19
Mutiaraindotv, Barabai, Anggota TNI-Polri di HST melaksanakan Pemakaman PDP dengan
Permalink ke Tersangka BW Di Antar Keluarganya Ke Unit PPA Polres Muba
Tersangka BW Di Antar Keluarganya Ke Unit PPA Polres Muba
Mutiaraindotv, Polres Musi Banyuasin, Sungguh malang nasib Bunga, umur 6

Tinggalkan pesan

Ragam & Peristiwa

Buntut Pelaporan Investasi Bodong, LQ Indonesia Lawfirm Mensinyalir Ada Upaya Pembungkaman
MUTIARAINDOtv.com (Jakarta)-Pelaporan yang dilakukan Nasabah PT Mahkota Properti Indo
Diduga Kebal Hukum, Pelaku KDRT Masih Bebas Berkeliaran
  Korban KDRT ,Silvia Lestari Mutiaraindotv.com.  ( Situbondo- Jawa
Bharata Sena Bantu Warga Terdampak Covid19 Di Bekasi
Mutiaraindotv.com (Kabupaten Bekasi)-Alumni AKABRI 96 Bharata Sena peduli kemanusiaan
RSU DR. Ashari Siap Lakukan Swab Covid-19 Mandiri
MutiaraindoTV, Kabupaten Pemalang – Jawa Tengah. Pemerintah Daerah Kabupaten