Heboh Dugaan Manipulasi Data Pencatatan Perkawinan, Kades Kayumas dan KUA Arjasa Saling Tuding

author
Penulis: 
176 dilihat

 

Kades Kayumas Abdul Jalil, membantah telah memanipulasi surat pengantar nikah bahkan menyalahkan pihak KUA Arjasari yang tidak teliti.

 

Mutiaraindotv(Situbondo)-Terkait adanya pemberitaan di media online dan cetak yang menyebutkan bahwa, Abdul Jalil Kepala Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo diduga memanipulasi data status perkawinan antara Erna dan Febri dibantah keras Abdul Jalil.

Abdul Jalil, saat ditemui beberapa awak media di rumahnya mengatakan bahwa, adanya pemberitaan yang menduga dirinya telah memanipulasi data surat pengantar nikah dari desa ada kejanggalan dalam pemberitaannya.
“Apa yang kita lakukan sudah sesuai prosedur. Seharusnya, pihak Kantor Urusan Agama (KUA) mengecek ulang data surat pengantar dari desa sebelum mengesahkan pernikahan. Apabila ada kejanggalan di surat pengantar dari desa tersebut, maka pihak KUA berhak mengembalikan atau menolak berkas tersebut,”tegas Abdul Jalil.Jumat(20/9).

Lebih lanjut, Abdul Jalil menjelaskan bahwa, status Erna sejak tahun 2013 sampai 2015 sudah pisah ranjang dengan Rudy suaminya. Selanjutnya, Erna pulang ke rumah orang tuanya di Desa Kayumas. Sejak saat itu, Erna merasa digantung sama Rudy, dan tidak di nafkahi lahir bhatin. Bahkan Rudy enggan mengajukan cerai ke Pengadilan Agama dengan berbagai macam alasan,

Selanjutnya pada tahun 2015, Erna menjalin hubungan dengan seorang laki laki bernama Febri. Namun pada Tahun 2017 rumah tangga Erna dan Febry pun kandas ditengah jalan.

” Saya selaku Kepala Desa Kayumas diduga telah memanipulasi data yang tertulis diatas tersebut,” demikian pungkas Abdul Jalil.

Sebelumnya dugaan manipulasi data pencatatan perkawinan sempat heboh di beritakan media online. Diketahui pernikahan Erna dan Febri secara resmi tercatat di KUA Arjasa, dengan nomer register 0212/004/VIII/2015.

Padahal belum ada putusan cerai resmi dari pengadilan agama, anehnya antara Er dan Feb sudah mendapatkan buku nikah sah dari KUA Arjasa. No 0212/004/VIII/2015.

Berdasarkan barang bukti, diduga Kades Kayumas Abdul Jalil memalsukan data N1, N2, N3 dan N4 dengan status perawan, atas nama Er.

Suami sah dari Er,Rud merasa dirugikan, kasus ini dilaporkannya ke Polsek Arjasa namun dari Polsek setempat diarahkan ke Polres Situbondo.

Anehnya pihak KUA Arjasa merasa kecolongan. Bahkan Kepala KUA Arjasa memberikan keterangan secara resmi bahwa Er dan Rud masih tercatat sah sebagai suami istri. Tercatat di register KUA Kec. Arjasa nomor : 0377/047/XI/ 2012 tanggal 19 november 2012, seperti di kutip media Indonesia jaya.com.(Irwan)

Berita Terbaru, Hukum & Kriminal

Posting Terkait

Permalink ke Diduga Penggunaan Dana Bos SMA Negeri 8 Tak Sesuai Dengan Juknis Bos 2019, Dengan Prasarana Tidak Perna Ada Perbaikan
Diduga Penggunaan Dana Bos SMA Negeri 8 Tak Sesuai Dengan Juknis Bos 2019, Dengan Prasarana Tidak Perna Ada Perbaikan
Mutiaraindotv, SMA N 8 Lubuklinggau – Sumatera Selatan, berdasarkan
Permalink ke Di Puncak HUT Kota Lubuklinggau Ke 18, Lembaga Adat Pemkot Lubuklinggau Menganugerahi Gelar Adat Kepada Presiden Dunia Melayu, Dunia Islam Untuk Asia
Di Puncak HUT Kota Lubuklinggau Ke 18, Lembaga Adat Pemkot Lubuklinggau Menganugerahi Gelar Adat Kepada Presiden Dunia Melayu, Dunia Islam Untuk Asia
Mutiaraindotv, Petanang – Kota Lubuklinggau, Anggota DPRD Kota Lubuklinggau
Permalink ke Karang Taruna Desa Pamekaran, Kecamatan Banyusari, ” Adakan Pertemuan Rutin Untuk Evaluasi Keanggotaan Dan Kinerja Team “
Karang Taruna Desa Pamekaran, Kecamatan Banyusari, ” Adakan Pertemuan Rutin Untuk Evaluasi Keanggotaan Dan Kinerja Team “
MutiaraindoTV, Kabupaten Karawang – Jawa Barat. Karang Taruna Desa
Permalink ke Kita Anak Indonesia, “Kita Bahagia “
Kita Anak Indonesia, “Kita Bahagia “
MutiaraindoTV, Kabupaten Situbondo –¬† Jawa Timur. Dinas Perlindungan Pemberdayaan

Tinggalkan pesan

Ragam & Peristiwa

LPLHI Berjibaku Bersihkan Lingkungan Di Hari WCD Internasional
Mutiaraindotv.com( Bekasi)-World Clean Up Day (WCD) 2019 di Kabupaten
Danramil 03 Serengan Ajak Warga Jaga Kerukunan Beragama
Mutiaraindotv(Surakarta)- Kapten Inf Tri Sakti K Danramil 03/Serengan Kodim
Tjandra Setiadji ; Pemberitaan Papua Menjadi Atensi IMO-Indonesia
JAKARTA, mutiaraindotv.com | Pemberitaan tentang Papua beberapa hari terakhir menjadi
DPW IMO Sulsel Segera Di Deklarasikan
MAKASSAR, mutiaraindotv.com – Ikatan Media Online (IMO) Indonesia merupakan