Proses Hukum Kasus Desa Lahawa Dikepulauan Nias Barat Sedang Menunggu LHP Inspektorat

author
Penulis: 
544 dilihat

MutiaraindoTV, Kabupaten Nias Barat – Sumatera Utara. Penanganan kasus dugaan pelanggaran peraturan berdesa di Desa Lahawa Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Barat Tahun 2019 yang dilakukan oleh oknum Plt. Kepala Desa berinisial NMH, sedang menunggu Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Kabupaten Nias Barat sebagai pedoman proses selanjutnya. Kalau oknum dinyatakan bersalah pasti disanksi.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Nias Barat Sozisokhi Hia SH. kepada Wartawan Media MutiaraindoTV, pada Rabu, 20 November 2019 kemarin diruang kerjanya di Onolimbu – Lahomi.

“Terkait dengan kasus dugaan pelanggaran Peraturan Perundang – Undangan dan mekanisme yang berlaku di Desa Lahawa, sekarang kita sedang menunggu hasil pemeriksaan dari Inspektorat kalau itu dinyatakan terbukti bersalah maka kepada oknum pasti diberi sanksi”. Ujarnya.

Masalah Desa Lahawa di Kepulauan Nias Barat ini mencuak setelah masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lahawa mengajukan laporan pengaduan kepada instansi terkait yakni Inspektorat, PMD, dan Bupati Nias Barat, tertanggal 17 September 2019, yang lalu.

Seperti yang dilansir www.deteksi.com, “Pelaksanaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2019 di Desa  Lahawa, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat belum dilaksanakan padahal sudah 2 bulan lebih uang telah ditarik dari rekening desa. Terutama bagian bidang pembangunan fisik dan sebagian pembayaran honor aparat, hal ini di ungkap oleh salah seorang masyarakat Desa Lahawa kepada Wartawan pada hari Kamis, 19 November 2019.

Kemudian, dengan pernyataan Plt. Kades Lahawa NMH kepada Wartawan Media Transparan News, bahwa kebijakan yang dilakukannya semata – mata sebagai penanggungjawab anggaran. Menjaga sendiri uang ini agar tidak berpindah tangan dari bendahara kepada pihak lain, seperti yang terjadi pada akhir Tahun 2018, bendahara menyerahkan uang tanpa sepengetahuan PJ Kades Lahawa.

Hal itu dilansir melalui www.transparannews.com, “itu tidak benar Pak, pemberitaan itu menyudutkan, pada hal saya (Pj Kades Lahawa) menyelamatkan, agar sesuai prosedur penggunaan dananya tersebut dan dapat dipertanggungjawabkan. ”Ucapnya menerangkan pada hari Minggu, 29 November 2019.

Sozisokhi menegaskan, pejabat desa yang telah melanggar Peraturan Perundang – Undangan dan mekanisme yang berlaku pasti diberikan sanksi. “Dalam hal pemberian sanksi, kita selalu berpedoman pada surat rekomendasi Bupati Nias Barat atas LHP Inspektorat. Jelasnya, masalah Desa Lahawa, kita telah serahkan kepada pihak yang berkompeten seperti apa hasil tindaklanjut mereka, kita belum terima. ”Ungkapnya.

Hal yang sama, juga pernah dikatakan Kabid PKAD Dinas PMD Kabupaten Nias Barat kepada Wartawan Media MutiaraindoTV, beberapa waktu lalu. Bahwa Kepala Desa yang menarik Keuangan Desa dari tangan Bendahara Desa dan menyimpannya dengan dalil penyelamatan Uang Negara.

Maka perbuatan tersebut pelanggaran karena belum ada peraturan seperti itu, kepada oknum bisa diberi teguran dan atau sanksi. (Baca Aliyakim Gulo : Kades Dilarang Simpan Keuangan Desa, Sebab Langgar Aturan).

Untuk diketahui, Desa Lahawa Kecamatan Sirombu merupakan salah satu dari 12 desa yang wilayah administrasinya berada di Kepulauan Nias Barat. Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Wartawan Media MutiaraindoTV, warga Desa Lahawa sebagian berdomisili di Desa Sirombu dan Desa sekitarnya.

Kemudian, dari data kependudukan Desa Lahawa berjumlah penduduk sebanyak 120 orang dengan rincian Laki – Laki sebanyak 60 orang dan Perempuan sebanyak 60 orang, atau hanya 33 Kepala Keluarga. (AH)

Berita Terbaru, Hukum & Kriminal, Nusantara

Posting Terkait

Permalink ke Amidal Mengutuk Keras Banyaknya Izin Amdal Keluar Tak Sesuai SOP Di 3 Wilayah
Amidal Mengutuk Keras Banyaknya Izin Amdal Keluar Tak Sesuai SOP Di 3 Wilayah
Mutiaraindotv, Lubuklinggau – Sumatera Selatan, Hari Hak Asasi Manusia
Permalink ke Ketua DPRD Kab. Cirebon Jalin Silaturahmi Dan Sinergitas Bersama Media
Ketua DPRD Kab. Cirebon Jalin Silaturahmi Dan Sinergitas Bersama Media
Mutiaraindotv, Kabupaten Cirebon, bentuk Sinergitas sekaligus mempererat Tali Silaturahmi
Permalink ke Seberat Apa Pun Pekerjaan Dengan Gotong Royong Menjadi Ringan
Seberat Apa Pun Pekerjaan Dengan Gotong Royong Menjadi Ringan
Mutiaraindotv, Barabai – Kalimantan Selatan, Kemanunggalan TNI Rakyat yang
Permalink ke Sambut HJK 2019 TNI/Polri Dan Masyarakat Bersih – Bersih Tempat Ibadah
Sambut HJK 2019 TNI/Polri Dan Masyarakat Bersih – Bersih Tempat Ibadah
Mutiaraindotv, Barabai – Kalimantan Selatan, Berbagai kegiatan yang dilakukan

Tinggalkan pesan

Ragam & Peristiwa

Mhd Saleh Pemegang Palu Anggaran
  MutiaraindoTV, Kabupaten Bener Meriah – Aceh.  Dewan Perwakilan
Kampung Damaran Baru Lauchinghing Jadi ECO Village
Kampung Damaran Baru Laucinghing Menjadi Eco Village Mutiaraindotv, (Bener
21 Sanggar Se – Aceh Ramaikan Festival Guel Di Bener Meriah
Sebanyak 21 Sangar Se-Aceh Akan Ikut Festival Guel Di
Polres Batubara Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1441H
  Mutiaraindotv.com (Batu Bara)- Dengan Mentoladani Akhlak Kepemimpinan Nabi