Sungguh Ironis Jalan Yang Menuju Situ Batu Kujang Sangat Tidak Layak

author
Penulis: 
250 dilihat

MutiarindoTV, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Tim media MutiarindoTV mengadakan perjalan untuk liputan ke arifan lokal, saat melihat adanya Situs Batu Kujang yang terawat dan terpelihara. Lalu tim mengunjungi tempat situs yang berlokasi di Kampung Tenjolaya Girang, sungguh menghironiskan jalan yang mengakses ketempat menuju situs tidak layak dan licini. Sabtu, 03 November 2018

Saat di konfirmasi media ini ke sadara Wawan S sebagai koordinator juru pemelihara situs se-Kabupaten dan Kota menjelaskan, Zitus Batu Kujang ini yang berada di Kampung Tenjolaya Giring Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi adalah situ peninggalan para sejarah, perkiran situs ini 2000 ribu tahun sebelum masehi yang lalu.

“Ini adalah salah satu situs yang bersejarah, yang ada di Kabupaten Sukabumi yang harus di lestarikan oleh generasi bangsa. Mungkin para generasi belum begitu tahu dengan arti sejarah yang ada di indonesia. “Ujarnya Wawan.

Masih Sawan menjelaskan, peninggalan yang ada di lokasi ini adalah Batu Kujang, Batu Kursi dan Garuda Gupuk (Garuda Bertengger). Ini sudah diteliti oleh Badan Artilogi, bahwa benar kalau batu tersebut adalah batu peninggalan para sejarah, diperkirakan usia batu tersebut sekitar tahun 2000 ribu masehi yang lalu.

“Kondisi batu tersebut saat ini terpelihara dengan baik, sesuai dengan ke aslinya”.

Harapan saya agar akses jalan yang menuju jalan kesitus agar di perbaiki oleh Pemerintahan Kabupaten Sukabumi, perbaikan jalan setapak dan jembatan penyebarangan ketempat situs.

Karena pada saat musin hujan jalan yang menuju kesitus sangat licin, apa lagi sungai yang menuju kesitus sering banjir pada saat musin hujan.

Alhamdulilah banyak juga para pengujung berdatangan ketempat ini dari luar daerah ini,hanya kendala kami disini adalah satu jalan yang menuju ke situs masih berbatuan dan tanah. Apa lagi kalau musin hujan jalan tersebut, sangat susah untuk di lalu para pengujung.

Kedua adalah jembatan penyebarangan yang menuju ke situs harus melalui sungai, apa lagi kalau sekarang musin hujan, sungai tersebut sering banjir pada saat hujan. Terkadang para penggujung merasa kecewa bila tidak bisa ketempat situs tersebut, karena posisi situs tersebut ada di pertengahan perbukitan.

Kendala yang ketiga tidak ada ya kantong parkir yang tersedia dilokasi Situs Batu Kujang, saya sering kali di tegur oleh pemilik tanah. Yang di pergunakan oleh para penggujung untuk parkir, saya harapkan kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Agar dapat mencarikan solusi terkait kendala yang sering saya alami, mohon dibantu untuk penyelesaian permasalahan ini, “cetusnya Wawan S Kordinator juru pemelihara situ se-Kabupaten dan Kota. (Indra/Oki)

Berita Terbaru, Pariwisata, Peristiwa

Posting Terkait

Permalink ke Polres Batu Bara Bekerja Sama Dengan Dishub Juga Dinkes Batu Bara, Melakukan Tes Urine Serta Pemeriksaan Uji Kelayakan Kendara Umum Menjelang Idul Fitri
Polres Batu Bara Bekerja Sama Dengan Dishub Juga Dinkes Batu Bara, Melakukan Tes Urine Serta Pemeriksaan Uji Kelayakan Kendara Umum Menjelang Idul Fitri
MutiaraindoTV, Kabupaten Batu Bara – Sumatera Utara. Tindakan Polres
Permalink ke Operasi Pekat Semeru 2019, Resmob Polres Situbondo Sita Bubuk Petasan
Operasi Pekat Semeru 2019, Resmob Polres Situbondo Sita Bubuk Petasan
Pemilik bubuk bahan peledak yang Berbahaya saat diamankan Polisi.MutiaraindoTV,
Permalink ke Akibat Kuras Sumur, Pria Paruhbaya Di Situbondo Nyaris Tewas Keracunan
Akibat Kuras Sumur, Pria Paruhbaya Di Situbondo Nyaris Tewas Keracunan
Korban saat dirawat di Puskesmas Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi
Permalink ke BPC Gapensi Bagi Sembako Kepada Kaum Dhuafa
BPC Gapensi Bagi Sembako Kepada Kaum Dhuafa
MutiaraindoTV, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur. BPC Badan Gabungan Pelaksana

Tinggalkan pesan