170 Narapidana Rutan Situbondo Remisi

SIMBOLIS : Kepala Rutan Situbondo Saat Memberikan Remisi. (tim)

Mutiaraindotv.com, Situbondo – Sebanyak 170 narapidana (Napi) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo, mendapat pengurangan masa hukuman atau remisi di momen Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022.

Dari jumlah 170 Napi yang mendapat remisi, seorang warga binaan diantaranya langsung menghirup udara bebas. Dia adalah Napi yang sebelumnya terlibat dalam kasus penipuan dan penggelapan.

Pemberian remisi terhadap ratusan napi di Rutan Kelas II B Situbondo itu, diberikan setelah pelaksanaan Shalat Ied di Rutan Situbondo.

“ Pada momen Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 ini, satu napi di antaranya langsung menghirup udara bebas, ”ujar Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Tomy Elyus, Senin (02/05/2022).

Menurutnya, remisi momen lebaran ini diberikan kepada warga binaan, utamanya yang telah memenuhi syarat administratif maupun substantive. Seperti yang tertuang dalam UU Nomor 12/1995 serta Kepres 174/1999 tentang Remisi.

“ Syarat remisi itu, yang penting sudah menjalani hukuman minimal 6 bulan untuk kasus pidana umum dan berkelakuan baik, langsung kami usulkan, ”beber Tomy.

Pihaknya juga menambahkan, pada momen Hari Raya Idul Fitri tahun 2022, ini sebetulnya pihak Rutan mengusulkan sebanyak 180 warga binaan agar mendapatkan remisi ke Kemenkumham RI. Namun, hanya sebanyak 170 narapidana yang mendapat remisi.

“ Alhamdulillah, pada tahun 2022 ini, jumlah Napi yang mendapat remisi lebih banyak jika dibandingkan pada tahun sebelumnya, ”pungkasnya. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *