AMIRUL MUSTAFA: Cabut Baliho, Spanduk Hingga Poster Tak Berizin, Ganggu Pemandangan Jalan Situbondo

MutiaraindoTV, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur. Menjelang Pemilu 2024, alat peraga kampanye (APK) bertebaran hampir setiap ruas dan sudut jalan – jalan di Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Hanya saja, semrawutnya pemasangan baliho, spanduk hingga poster yang tidak seharusnya malah merusak pemandangan di semua titik jalan raya di wilayah Situbondo, masih belum ada penertiban yang serius oleh Satpol PP Kabupaten Situbondo. Sabtu, 30 Desember 2023.

Sekadar diketahui, ketentuan larangan pemasangan alat kampanye (APK) diatur dalam Pasal 71 ayat 1 dan 2 PKPU Nomor 15 Tahun 2023.

Amirul Mustafa salah satu aktivis ternama di Kabupaten Situbondo mengatakan, sangat disayangkan, sebelum pada masa tahapan kampanye Pemilu Tahun 2024 sudah semrawut terpasang dibeberapa ruas jalan, maka Satpol PP memiliki kewenangan untuk menertibkan alat publikasi tersebut apabila kedapatan tidak mengantongi izin resmi dari dinas terkait.

“ Sekarang kan sudah mulai marak terkait dengan pesta demokrasi Pemilu Tahun 2024, kami mohon kepada bapak ibu peserta pemilu, apabila akan memasang baliho, spanduk untuk bisa mengurusi ijinnya ke Badan Kesatuan bangsa dan Politik (Bakesbangpol) untuk meminta rekomendasi dan ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) Kabupaten Situbondo. ”Ungkap Amirul Mustafa.

Hal itu juga sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang pajak daerah dan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Tata Cara Izin Penyelenggaraan Reklame.

“ Saya juga meminta masyarakat, badan usaha atau lainnya yang akan memasang papan reklame, baik itu yang komersil maupun non komersil, juga agar bisa mengurus ijin reklamenya terlebih dahulu. Dan perhatikan juga masa kadaluarsanya, ”ungkapnya.

Dikatakan Amir, hingga saat ini disinyalir banyak alat publikasi calon peserta Pemilu Tahun 2024 yang melanggar izin. Berharap ada penertiban yang serius dari Satpol PP Kabupaten Situbondo, jika masih ada alat publikasi yang belum berizin. “Imbuhnya. (Mam)

Check Also

Operasi Miras, Samapta Polres Situbondo Sita 4 Botol Bir Bintang Dan 8 Botol Anggur Merah

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Samapta Polres Situbondo Polda Jatim melaksanakan penertiban peredaran minuman keras …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *