Asisten 2 Buka Seminar Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha dan Organisasi Wanita

 

Redelong :Mutiaraindotv.com  Pemerintah Daerah Bener Meriah melalui Gabungan Organisasi Wanita (GOW) menggelar seminar kewirausahaan di Aula Gedung Empu Beru. Komplek Perkantoran Serule Kayu, pemkab setempat. Rabu (25-05-2022)

Seminar kewirausahaan tersebut yang bertema “ Inspirasi Pengolahan Komoditi Lokal” di buka oleh Bupati Bener Meriah yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bener Meriah drh. Sofyan.

Asisten 2 drh. Sofyan dalam arahan Bupati Bener Meriah menyampaikan, banyak hal yang bisa dilakukan dalam meningkatkan pendapatan keluarga dan menopang perekonomian masyarakat, salah satunya adalah mengolah hasil pertanian. Hasil panen tidak semuannya dijual melainkan diolah lagi sehingga bisa menaikan harga komoditinya.
“ Kami sangat mendukung seminar kewirausahaan ini sebagai salah satu program prioritas dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bener Meriah dalam memberdayakan kaum perempuan. Adanya seminar ini, diharapkan mampu berkontribusi dalam industri rumahan, karena mampu membuka lapangan kerja baru dengan ide yang inovatif di Bener Meriah ini banyak sekali hasil komoditi pertanian yang bisa diolah untuk bidang kuliner seperti keripik, kue basah dan kue kering serta yang lainnya,”ucap Sofyan.

Katanya lagi, selain ikut usaha industri rumahan, ibu-ibu juga tidak boleh lupa didalam mengelola rumah tangga. Ibu-ibu tetap perlu mengawasi perkembangan mental dan fisik anak-anak sehari-hari, apalagi pengaruh internet dan penyalahgunaan narkoba sangat besar, karena itu dibutuhkan keteladanan ibu-ibu. “Kami mengharapkan agar seminar pada hari ini dapat berjalan dengan lancar serta menghasilkan hal yang positif dan bermanfaat bagi peningkatan ekonomi ibu-ibu selaku pelaku usaha, atau ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi wanita di kabupaten Bener Meriah,”ujarnya.

Diakhir sambutannya, drh. Sofyan meminta agar ibu-ibu sebagai pelaku usaha dan organisasi wanita di daerah tersebut dapat memanfaatkan momen MTQ Aceh ke-XXXV untuk memasarkan produk-produk yang selama ini dijalankan, “MTQ Aceh yang akan berlangsung di Bener Meriah ini adalah momentum tepat bagi ibu-ibu dalam memasarkan produk, baik itu produk makanan dan juga produk kerajinan, karena nantinya daerah kita ini akan di datangi oleh pengunjung dari sejumlah daerah baik Aceh maupun dari luar Aceh. Saya juga berharap agar produk yang dipasarkan nantinya harus rapi dan menarik. Jika kreatif menata produk dengan kemasan yang rapi dan menarik, maka secara otomatis akan mempu menaikan harga jual produk kepada konsumen,”demikian Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bener Meriah.

Sebelumnya Ketua GOW Kabupaten Bener Meriah Hj. Nikmah, S.Sy dalam kesempatan itu meminta Pemerintah daerah melalui dinas terkait dapat memberikan perhatian dan bimbingan dalam hal meningkatkan daya saing produk-produk lokal bagi pelaku usaha dan organisasi wanita khusunya ibu-ibu rumah tangga di Kabupaten Bener Meriah. “ Mohon bimbingan dari segi pasar terkait harga,”pinta Nikmah saat itu melalui Asisten 2 Setdakab Bener Meriah.

Dalam kesempatan itu Ketua GOW Kabupaten Bener Meriah juga menyampaikan bahwa Kabupaten Bener Meriah melalui Dekranasda Bener Meriah akan mengikuti pameran di Dekranas yang akan di selenggarakan di Kabupaten Aceh Tegah. “Salah satu hasil kerajinan yang akan kita pamerkan dalam kegiatan itu adalah kerajinan kayu gerupel milik salah seorang pengrajin dari Kampung Bener Pepanyi, Kecamatan Bener Kelipah, selain itu kita juga akan menampilan sejumlah produk lokal lainnya dalam kegaiatn itu,”kata Ketua Dekranasda Bener Meriah.(N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *