Babinsa Koramil 0823/03 Kapongan Sigap Bantu Warga Terdampak Bencana Puting Beliung

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Akibat cuaca ekstrim, Babinsa Koramil 0823/03 Kapongan Sigap Bantu Warga terdampak bencana angin Puting Beliung.

Personil Babinsa Koramil 0823/03 Kapongan, gerak cepat menuju Desa Landangan Kecamatan Kapongan untuk membantu penanganan warga yang terdampak bencana angin puting beliung yang terjadi pada Kamis (06/10/2022) siang.

Bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Babinsa tersebut melakukan evakuasi kepada warga ke tempat yang lebih aman, serta melakukan pendataan kerusakan rumah warga.

Babinsa Koramil 03 Desa Landangan Serka Saipullah mengatakan, kegiatan ini dihadiri oleh beberapa personel Forkopimka Kecamatan Kapongan dan pihak terkait diantaranya Anggota Kecamatan Kapongan, Anggota Polsek Kapongan, Anggota Koramil 03/ Kapongan, Pusdalops BPBD Kab. Situbondo, Anggota Tagana Dinsos Kab. Situbondo, Pemdes Landangan serta Warga setempat.

“Hal ini dilakukan sebagai langkah awal dan wujud kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat, khususnya cepat tanggap dan siap siaga terhadap bencana alam, ujar Babinsa Desa Landangan,”ujarnya.

Sementara itu Danramil 0823/03 Kapongan, Kapten Inf Agus Al Amin mengatakan bahwa ini merupakan langkah cepat tanggap TNI AD, dengan mengusung Semangat Mutiara Pattimura, Babinsa selalu hadir di tengah kesulitan masyarakat.

“Akhir – akhir ini memang sering terjadi cuaca ekstrim, hingga hari ini terjadi bencana angin puting beliung. Setelah menerima laporan ada bencana angin puting beliung, kami langsung mengerahkan personel untuk melakukan evakuasi sementara dan pengambilan data dilokasi kejadian,” terangnya.

Dari data yang dihimpun, akibat bencana angin puting beliung secara keseluruhan terdapat 18 rumah yang mengalami kerusakan, dimana ada 3 rumah rusak berat, 4 rumah rusak sedang dan 11 rumah rusak ringan kemudian untuk kerugian personel sementara nihil.

“Proses evakuasi dan penanganan warga terdampak puting beliung ini dilakukan secara kontinyu, tidak hanya membersihkan puing- puing saja, namun kita juga memperhatikan kondisi warga setempat,”pungkasnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *