Babinsa Tungkup Bantu Petani Cabut Bibit Padi, Hingga Menanam Kembali

Mutiaraindotv, Barabai – Kalimantan Selatan, Pendampingan yang dilakukan oleh para Babinsa kepada Petani terus menerus dan berkesinambungan di wilayah Binaan.

Salah satunya yang dilakukan oleh Sertu Ibnu Darmawan, Anggota Koramil 1002-08/Kasarangan yang mempunyai wilayah Binaan di Desa Tungkup Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Yang membantu saudara Hairi dari kelompok Tani Galuh Manginang mencabut Bibit Padi Jenis Ciherang. Sabtu, 29 Juni 2019.

Bibit Padi ini Rencananya akan di Tanam di Lahan seluas 1,5 Ha miliknya dalam Rangka Tanam Kedua, ujar Hairi.

Sertu Ibnu Darmawan, menyampaikan bahwa kegiatannya ini sebagai upaya mempercepat Ketahanan Pangan guna menyukseskan Swasembada Pangan.

Kegiatan ini merupakan Rangkaian dari Program Pendampingan para Babinsa kepada Petani di wilayah Binaan. Pendampingan dilakukan mulai dari Penyiapan Lahan, Bibit,  Tanam Bibit Padi, Perawatan Tanaman hingga Panen.

Masih menurut Ibnu, kami terus mendampingi para Petani setelah mereka Panen dalam Program Pemerintah yaitu Sergab (Serapan Gabah). Diharapkan hasil Panen Gabah para Petani dapat di Jual ke Bulog dengan ketentuan Kadar Air Gabah Kering yaitu 14 %.

Sehingga para Petani tidak dirugikan oleh para Tengkulak yang sering kali memainkan harga Gabah Kering, tegasnya.(Pendim1002).
editor ” Awi “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *