Dandim 0823 Situbondo, Gelar Coffee Morning Bersama Wartawan

Mutiaraindotv.com, Situbondo – Untuk membangun sinergitas, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0823 Situbondo, Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P mengadakan Coffee Morning bersama insan pers, yang terdiri dari Media Cetak, TV, Radio dan Media Online bertempat di Aula Makodim 0823 Situbondo, Kamis (30/03/2022) sore.

Mengawali sambutannya, Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Neggy Kuntagina sekilas menceritakan perjalanan karir militernya. Juga menyampaikan permohonan maaf, karena semenjak dilantik sebagai Komandan Kodim 0823 Situbondo kurang lebih 1,8 bulan, baru kali ini menyempatkan waktu untuk melakukan silaturrahmi melalui acara Coffee Morning bersama para awak media yang bertugas di wilayah Kabupaten Situbondo.

Menurutnya, di saat pandemi ini, perkembangan teknologi sangat berkembang pesat dalam menggunakan media sosial (Medsos). Banyak dari mereka memanfaatkan untuk menjalankan bisnis trend nya. Adanya media sosial ini berdampak baik bagi masyarakat. Namun disisi negatifnya media sosial kerap dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menyebarkan ujaran kebencian, hasutan dengan sasaran kelas menengah terdidik terutama kaum remaja.

” Ya… semua dapat dilihat dari banyaknya reward dan share seputar informasi yang bermaterikan paham-paham intoleransi dan radikalisme. Tentu semua sangat jauh dari semangat Pancasila, termasuk meningkatnya konten yang berseberangan dengan Pancasila, “kata Letkol Inf Neggy Kuntagina.

Lebih jauh Dandim menjelaskan, bahkan banyak dari masyarakat kita yang kadang terhasut oleh adanya berita yang muncul dari medsos yang belum tentu benar atau tidaknya tentang konten berita tersebut.

” Tentunya kita harus mencegah semua dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila pada generasi-generasi yang nantinya agar lebih tertanam dengan baik penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada diri masyarakat, “pintanya Dandim 0823 Situbondo kepada sejumlah wartawan yang hadir.

Disela-sela sambutannya, Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Neggy Kuntagina menyebutkan, bahwa nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila saat ini sudah mulai luntur, padahal di dalam nilai-nilai Pancasila banyak mengandung makna yang cukup luas dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya adalah penerapan sila kesatu, yaitu ketuhanan yang maha esa.

” Dengan tidak menyebarkan berita atau isu-isu yang belum tentu benar adanya, dan tidak melakukan ujaran kebencian pada setiap orang yang memiliki kekurangan. Agar terjalin hubungan baik dalam hubungan umat yang beragama, “jelasnya.

Selain itu, Sambung Dandim, isi didalam sila kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab. Dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan medsos kita harus menghormati dan menghargai hak-hak dan pendapat orang lain.

” Dengan tidak menyebarkan berita hoaks dan tidak mengganggu hak-hak orang lain juga penerapan di sila ketiga pancasila, persatuan indonesia. Dengan tidak menyebarkan isu-isu perpecahan, sehingga integrasi bangsa tetap terbina, “ujarnya.

Lanjutnya, juga didalam penerapan nilai-nilai Pancasila pada sila ke empat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Agar kita selalu membudayakan perilaku demokrasi yang sehat dan terarah.

” Tidak menulis komentar jahat dan menyudutkan pihak lain. Tidak memprovokasi isu-isu kebencian terkait keputusan yang diambil dalam menggunakan media sosial dengan bijak dalam menyaring informasi, “imbuh Letkol Inf Neggy Kuntagina.

Lebih lanjut, Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Neggy Kuntagina menambahkan tentang isi nilai-nilai Pancasila pada sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Didalam nilai-nilai Pancasila di sila kelima ini juga sudah jelas, yaitu agar kita ini diwujudkan dengan tetap menghormati hak asasi manusia orang lain.

” Maka pada kesempatan acara Coffee Morning bersama para awak media saat ini, kami tekankan dan sangat pentingnya sinergitas antara Kodim 0823 Situbondo dengan para insan pers untuk membangun bersama bangsa ini, kita sama-sama menjaga kondusifitas agar selalu tercipta keamanan serta ketenteraman di wilayah Kabupaten Situbondo, ”ujarnya.

Media, kata Dandim, bisa membangun opini publik yang baik, akurat dan berimbang. Misalnya di masa pandemi Covid-19 ini dengan memberitakan kegiatan vaksinasi sekaligus memberikan contoh untuk mematuhi protokol kesehatan. Sehingga kita bisa berkolaborasi memberikan informasi berdasarkan fakta, akurat serta berimbang.

“ Harapan kami, jadilah media yang bisa mempersatukan bangsa dan negara, ”pungkas Letkol Inf Neggy Kuntagina. (Syam).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *