Bantuan Alat Pertanian Dijual, Akan Dilaporkan APH

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR-Untuk meningkatkan hasil pertanian, Pemertintah Pusat memberikan bantuan Alat-Alat Pertanian kepada petani melalui Ketua Kelompoknya. Tapi sayang, bantuan tersebut dijual tanpa sepengetahuan anggotanya.

Hal itu diungkapkan Timsus DPP LSM KPK Nusantara, Mashur Rizwan pada media ini selasa 2/11. Mashur, sapaannya mengancam akan melaporkan temuannya pada Aparat Penegak Hukum (APH).

“Setelah saya bersama tim melakukan investigasi pada petani Desa Sumber Salam Kecamatan Tenggarang, hasilnya sangat mengejutkan. Bantuan alat pertanian di jual oleh Ketua Kelompok Sumber Tani Satu, Joko Purnomo alias H. Faesol,” kata Mashur.

Padahal, lanjutnya, tujuan pemerintah memberikan bantuan mesin traktor roda 4 dan roda 2 serta pompa air besar, disamping untuk memberdayakan Kelompok Tani dan seluruh anggotanya, juga untuk menjaga Ketahanan Pangan.

Hal yang sama dilakukan Ketua Kelompok Tani Sumber Tani 2, Muzammil alias Pak Dak il. Bantuan pompa besar bukan digunakan untuk anggotanya, malah dijual secara diam-diam.

Ditambahkan, kalau bantuan alat pertanian dijual, ini kan sama saja dengan memperdayakan anggotanya. Oleh karena itu, Ketua Kelompok Tani harus bertanggungjawab.

Dengan dijualnya bantuan alat pertanian ini, petani Desa Sumber Salam mengaku kecewa. Karena bantuan tersebut bukan pada Ketua Kelompok, tapi kepada lembaga Kelompok Tani.

“Para petani meminta kepada saya agar melaporkan Ketua Kelopok Tani pada APH. Karena sudah merugikan petani, pemerintah, dan Kelompok Tani,” kata Mashur menambahkan.

Mashur mengaku akan segera melaporkan kasus ini pada Kejaksaan atau Polres. Karena data pelanggarannya sudah dikantongi. Bahkan sejumlah saksi sudah siap memberikan keterangan.

Dinas Pertanian, hususnya Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) diharapkan inten memberikan penyuluhan pada petani dan Kelompok Tani. Agar jika ada bantuan tidak diperjualbelikan. (sam/zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *