Begini Upaya Pj Bupati Penanganan Stunting di Bener Meriah Dihadapan Tim PPS BKKBN

Teks.Foto: Begini Upaya Pj Bupati Penanganan Stunting di Bener Meriah Dihadapan Tim PPS BKKBN.MITV/ist

REDELONG :MutiaraindoTV.com – Pj Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si, membeberkan panjang lebar tentang upaya Pemkab setempat dalam menangani masalah stunting di Bener Meriah kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting (PPS) BKKBN Aceh, Kamis (6/4/2023) di ruang pertemuan Hotel Fattah, Simpang Tiga Redelong.

Haili Yoga, memaparkan dari hulu hingga ke hilir penanganan stunting yang dilakukan oleh Pemkab Bener Meriah, diantaranya upaya pencegahan dimulai dari tahap pranikah bagi calon pengantin dengan cara diberikan bimbingan khusus dan pemahaman tentang stunting serta gizi bagi keluarga.

“Selanjutnya setelah menikah dan memasuki usia kehamilan, maka bidan desa akan memberikan bimbingan pemeriksaan kandungan sampai dengan proses persalinan. Bidan juga harus melaporkan dan tetap berkoordinasi dengan dokter kandungan,” kata Haili Yoga.

Haili Yoga menyebutkan, pentingnya para bidan berkoordinasi dengan dokter kandungan, apabila terdapat perbedaan berat janin dengan usia kandungan, maka akan dilakukan penanganan khusus bersama dengan dokter kandungan.

“Setelah bayi lahir, juga diwajibkan untuk terus dilakukan penimbangan di Posyandu dan imunisasi lengkap. Apabila terjadi kasus stunting, maka disinilah peran bapak asuh stunting untuk membantu dan membimbing kelengkapan gizi bayi stunting karena kecenderungan kasus stunting menimpa keluarga kurang mampun,” papar pj Bupati Bener Meriah ini.

Menurutnya, banyak pihak yang diberi peran mulai dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI), kader Posyandu di tingkat desa, PKK, bidan desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, kepala desa atau reje, serta seluruh instansi vertikal yang berkaitan dengan penanganan stunting.

“Termasuk juga seluruh instansi memiliki tanggung jawab sebagai bapak asuh tanting. Pemda Bener Meriah, sangat memberi atensi penuh dalam penanganan stunting karena memang sudah menjadi isu nasional,” jelasnya.

Hadir pada acara tersebut PPS dari BKKBN Aceh, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Bener Meriah, Asisten Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Kominfo serta para pihak yang terlibat langsung dalam penanganan stunting di Kabupaten Bener Meriah. (Rel)

Check Also

Dugaan Pelanggaran Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilukada Serentak 2024

MutiaraIndoTV.com( Bekasi)- Pemilihan Umum Kepala Daerah, Gubernur/ Wakil Gubernur, Bupati / Wakil Bupati dan Walikota/ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *