Berita TerbaruKabar DesaRagam & Peristiwa

Bendungan Sampean Baru Dikuras, Ribuan Warga Mencari Ikan di Jembatan Limpas Seliwung-Kotakan

×

Bendungan Sampean Baru Dikuras, Ribuan Warga Mencari Ikan di Jembatan Limpas Seliwung-Kotakan

Sebarkan artikel ini

Mutiaraindotv.cim, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Hebooh, Bendungan Sampean Baru dikuras, area jembatan Limpas penghubung desa Kotakan dan desa Sliwung, Situbondo dipadati ratusan hingga ribuan warga asal luar kota, mereka beramai-ramai turun ke sungai mencari ikan, Kamis (14/12/2023).

Pantauan awak media ini di lokasi sepanjang Sungai Sampean Baru dari Kabupaten Bondowoso hingga sungai muara di Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, dipenuhi warga. Rupanya mereka sedang berburu ikan. Sebab, Bendungan Sampean Baru sedang dikuras atau warga bantaran sungai menyebutnya dengan istilah tradisi korasan / asatan.

Sontak, kegiatan pengurasan Bendungan Sampean Baru tersebut membuat warga bantaran sungai beramai-ramai turun ke sungai mencari ikan. Tidak hanya orang dewasa, ibu-ibu dan anak-anak juga berada di bantaran sungai membawa peralatan jaring atau jala ikan. Sebagian dari mereka membawa ban pelampung untuk menangkap ikan ke tengah sungai.

“ Saya dari pagi sampai siang ini cari ikan. Tadi dapat ikan nila sekitar 1 kilogram dan sudah ditaruh ke sepeda motor. Saya dan teman-teman ke sungai lagi untuk melanjutkan untuk mencari ikan, “kata Sanusi, salah satu warga saat menjaring ikan di area sungai Jembatan Limpas Sliwung, asal Kabupaten Jember.

Kata dia, tampak membludak sekali, ada sekitar ribuan warga memadati aliran Sungai Sampean Baru. Sebagian dari mereka ternyata sudah dilengkapi peralatan senter atau alat penerangan karena akan mencari ikan hingga malam hari.

“ Ini sudah rutin setiap tahun. Biasanya pengurasan bendungan dilakukan setiap akhir bulan November. Ada teman saya harus izin tidak masuk masuk kerja karena ingin ikut keseruan mencari ikan di sungai di sepanjang sungai sampean, ”ujar Sanusi yang juga karyawan salah satu perusahaan swasta itu.

Berbagai jenis ikan bisa dijumpai saat bendungan Sampean Baru dikuras, seperti ikan tawes, mujaer, gabus, nila, hingga lele tawar.

“ Kebanyakan orang yang datang menangkap ikan ke sini datang dari berbagai luar kota. Mereka datang ke sini karena area sungai Jembatan Limpas ini merupakan aliran sungai menuju ke laut dari aliran sungai Sampean Baru Bondowoso, ”ujarnya.

Mencari ikan saat bendungan dikuras sepertinya sudah menjadi tradisi tahunan. Di beberapa jembatan terlihat warga berkerumun melihat para pemburu ikan. Bahkan di Jembatan Limpas yang menghubungkan Desa Kotakan dan Desa Sliwung dipadati ratusan warga. Keseruan terlihat saat ada warga berhasil menangkap ikan berukuran besar.

Selain di Jembatan Limpas, di Jembatan Panarukan juga dipenuhi warga. Banyak warga datang dari berbagai daerah memilih mencari ikan di sungai Panarukan yang merupakan muara sungai dari Sampean Baru. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *