Bentuk Komitmen Koramil 18 Trienggadeng Sukseskan Swasembada Pangan

Mutiara IndoTV, Kabupaten Pidie Jaya – Aceh. Dalam rangka mencegah terjadinya Gagal Panen Koramil 18 Trienggadeng, Kodim 0102 Pidie Bersama Balai Penyuluh Pertanian dan Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan dampingi Kelompok Tani Reudep Jaya. Melaksanakan penyemprotan hama wereng coklat yang telah menyerang tanaman padi, bertempat di Desa Reudep, Kecamatan Panteraja, Kabupatem Pidie Jaya. Rabu, (21/03/2018).

Komandan Koramil 18 Trienggadeng Kapten Inf Dwi Santosa menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan tersebut, sebagai bentuk Komitmen Kodim 0102 Pidie dalam hal ini Koramil Trienggadeng dalam rangka mensukseskan program Upsus tiga komoditas utama padi jagung kedelai (Pajale) yang menjadi konsen pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

Lebih lanjut Danramil menyampaikan bahwa seluas 32 Ha Tanaman Padi milik kelompok tani terkena serangan hama wereng Coklat, seluas 10 Ha sudah masuk kategori berat dan 22 Ha kategori ringan. Penyemprotan Hama Wereng Coklat kali ini merupakan penyemprotan tahap ke-2, dengan menggunakan obat Insektisida Starfidor 5 wp dan Mibcinta 50 wp sebanyak 10 Kg.

Hal ini kita lakukan agar penyebaran hama wereng coklat tidak semakin meluas ke lahan sawah yang lainnya, apalagi penyebaran hama wereng coklat bisa menyebar melalui angin.

Guna mencegah terjadinya Gagal Panen yang jelas akan membuat petani merugi, Koramil 18 Trienggadeng akan terus berkoordinasi dengan PPL, PHP untuk selalu memantau perkembangan tanaman padi yang ada diwilayah Kecamatan Trienggadeng dan Kecamatan Pante raja.

Hadir dalam kegiatan penyemprotan massal tersebut Danramil 18 Tripa, Kapten Inf Dwi santosa, Kasi pupuk & Pestisida distanpang Pidie jaya Sirajuddin SST, Kepala Lab Keumala Mustapa SP, Kechik Desa Reudep Abbas Sulaiman, Sekdes Desa Reudep M. Yasin, Kepala BPP Kecamatan Panteraja Nurlaini SP, PHP Kecamtan Panteraja Hamdani SP, Koordinator PHP Pidie Jaya Hamdani SP, Mantri tani kec. Panteraja Khoirul Spt, PPL Kecamatan Panteraja Ismail, Dede Ns, Babinsa Ramil 18 Tripa sejumlah 4 orang, Babinkamtibmas Polsek Trienggadeng sejumalah 2 Orang, Anggota Poktan Reudep jaya 32 Orang. (Tim Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *