BPJS, JKN, KIS Cabang Cikarang Sosialisasi Bersama Anggota Komisi IX DPR-RI Putih Sari Di Desa Pahlawan Setia, Kec. Tarumajaya

MutiaraindoTV, Kabupaten Bekasi – Jawa Barat. Sosialisasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) Cabang Cikarang, bersama mitra kerja Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) yang membidangi tentang kesehatan Drg. Hj. Putih Sari, MM.

Dihadiri Ery Endri selaku kepala cabang BPJS Cikarang Kabupaten Bekasi, Ibu Weli yang menjabat sebagai Kepala Bidang kepesertaan BPJS Cikarang, Arnold Sihombing staf administrasi kepesertaan BPJS Cikarang, Dedi Supratman yang mewakili Hj. Drg. Putih Sari, MM, serta Said Kaur Kesra perwakilan dari Pemdes Pahlawan Setia, acara berlangsung di Lapangan Futsal ABBAS Kampung Tambun Sungai Angke Desa Pahlawan, Setia Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Senin, 17 Oktober 2022.

Dedi Supratman mewakili Putih Sari menyampaikan, “hari ini Ibu Putih Sari berhalangan hadir di karenakan kurang sehat,beliau berpesan kepada saya untuk menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa hadir pada acara sosialisasi BPJS KIS yang bekerjasama dengan BPJS cabang Cikarang Kabupaten Bekasi.

“Ibu Putih Sari adalah Anggota Komisi IX DPR-RI yang membidangi kesehatan dan turut mengesahkan Undang – Undang BPJS – KIS,dan BPJS Ketenaga kerjaan, beliau berpesan pentingnya menjaga kesehatan.

Meskipun kita punya BPJS alangkah baiknya kita tidak menggunakan karena kita sehat.Iuran yang kita bayarkan sangat membantu saudara saudara kita yang saat ini membutuhkan penanganan medis karena sakit.

Lanjut Dedi Supratman, 230 juta penduduk Indonesia sudah menjadi peserta BPJS yang di kader perusahaan, yang mandiri maupun yang di bayarkan oleh pemerintah. Pesan Bu Putih Sari periksakan kesehatan kita ke puskesmas secara rutin, biasakan hidup sehat dengan mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di luar atau di rumah.Untuk informasi lebih lanjut mengenai BPJS Kesehatan nanti akan di sampaikan oleh narasumber dari BPJS Cabang Cikanrang. “Tuturnya.

Ery Endri Kepala BPJS Cabang Cikarang menyampaikan, “kami bekerjasama dengan ibu Putih Sari hari ini menyelenggarakan sosialisasi BPJS – JKN – KIS untuk warga Desa Pahlawan Setia.Apa yang di sampaikan oleh narasumber kalau belom paham bisa di tanyakan. “Ucapnya

Arnold Sihombing menyampaikan pemaparannya, “BPJS Mandiri ialah iurannya di bayar oleh nasabah itu sendiri atau dari perusahaan tempat mereka bekerja, sedangkan BPJS Penerima Bantuan Iuran PBI iurannya di bayarkan oleh pemerintah.

“Saat suami atau kita bekerja di perusahaan iuran BPJS adalah perusaahan yang membayarkan,saat kita berhenti atau kena phk otomatis kita yang baya iuran BPJS tersebut, kalau kita merasa terbebani dengan biaya BPJS karena sudah tidak di bayarkan oleh perusahaan bisa kita pindah dari BPJS mandiri ke BPJS PBI yang di bayarkan Pemerintah.

” Caranya ialah,ajukan ke dinas kesehatan Kabupaten Bekasi dengan menyertakan persyaratan membawa KTP, Kartu Keluarga (KK), serta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kantor Desa setempat.Kita nanti tetap akan bayar BPJS, tidak ada gratis,tapi yang bayar adalah pemerintah.

Tetapi tunggakan iuran BPJS harus tetap di bayar terlebih dahulu, kalau tidak bisa melunasi secara langsung bisa di cicil setiap bulannya, setelah lunas baru bisa pindah layanan BPJS dari yang bayar ke yang di bayarkan pemerintah.

Seandainya kita menunggak iuran BPJS sampai lima tahun, kita cukup membayar sebanyak 24 bulan atau dua tahun. Saya hanya mengingatkan bayarlah iutran BPJS setiap bulannya, karena kalau menunda nunda nanti akan lebih berat bayarnya. “Tuturnya. (Ali M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *