BPN Kabupaten Bekasi Bagikan Sertifikat Gratis Program PTSL Di Desa Sukabudi

MutiaraindoTV, Kabupaten Bekasi – Jawa Barat. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), adalah Program serentak yang di laksanakan Pemerintah untuk memberikan jaminan kepastian hukum dan hak atas suatu tanah milik masyarakat secara gratis. Minggu, 30 Januari 2022.

Desa Sukabudi, Kecamatan Sukawangi adalah salah satu penerima program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Tahun 2021 dengan total 1.588 sertifikat yang akan di bagikan kepada masyarakat oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi pada Tahun 2022 ini.

Tatang Sekertaris Desa (Sekdes) Sukabudi mengatakan, “saya selaku ketua panitia program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) menyambut baik dengan adanya program tersebut.

Desa Sukabudi mendapatkan kuota pertama 1100, tapi karena banyaknya masyarakat yg tanahnya belum bersertifikat kamipun mengajukan penambahan dan akhirnya kami bisa mendapatkan 1588 kuota.

Untuk administrasi sesuai ketetapan dari pemerintah sebesar 150 ribu persertifikat, itu untuk pembelian materai, foto copy serta operasional anggota tim. Untuk materai saja satu berkas bisa menghabiskan 5 sampai 6 bahkan ada yang 7 materai, “tuturnya

Masih kata Sekdes, setelah pemberkasan selesai di akhir Tahun 2021 yang lalu tiba saatnya pada hari Senin 24 Januari 2022 yang lalu petugas dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), membagikan secara langsung sertifikat tersebut. Sebanyak 200 sertifikat telah di bagikan pada tahap pertama  hari ini Sabtu 29 Januari 2022 BPN kembali menyerahkan sebanyak 400 sertifikat.

“Dari 600 sertifikat yang di bagikan pada tahap 1&2 ada kesalahan cetak sebanyak kurang lebih 50 buku, adapun kesalahan cetak berupa nama. Alamat maupun jumlah luas tanah yang kurang, dan itu nanti kita dari panitia yang akan bertanggung jawab dengan mengurus ke BPN sampai selesai dan tidak ada kesalahan lagi. “Pungkasnya.

Kepala Desa Sukabudi Iim/Pitung dalam keterangannya mengatakan, “saya selaku Kades sangat apresiasi dengan adanya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini. Yang mana telah membantu masyarakat untuk pembuatan sertifikat secara gratis, ini jelas membantu warga untuk menaikkan taraf hidup mereka.

“Dengan adanya sertifikat masyarakat bisa untuk pengajuan pinjaman ke bank salah satunya, untuk modal usaha atau untuk modal menggarap sawah.

Harapan saya selaku Kepala Desa mudah mudahan tahun tahun berikutnya desa kami bisa mendapatkan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kembali,karena masih banyak rumah ataupun tanah warga yang belum bersertifikat. “Ujarnya

Pantauan kami awak media dilokasi pembagian sertifikat ternyata masih banyak kesalahan kesalahan terkait sertifikat, dari salah pengetikan nama, alamat sampai jumlah luas tanah.

Saat kami mau konfirmasi ke petugas dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait kesalahan kesalahan tersebut ternyata mereka tidak mau untuk di wawancarai dengan alasan “pimpinan kami tidak hadir, ini saja atas inisiatif rekan rekan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk membagikan sertifikat pada hari libur.takut salah ngomong nanti. “Penjelasan salah satu petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN). (Ali M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *