Bupati Situbondo Beri Penghargaan Kepada 29 Desa Lunas PBB P2

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TUMUR – Pemberian penghargaan kepada lembaga dan organisasi yang telah berkontribusi terhadap Pemkab Situbondo, Bupati Situbondo Karna Suswandi memberikan penghargaan kepada 10 kecamatan dan 29 desa yang lunas PBB P2 tahun 2022, bertempat di Pendapa Aryo Situbondo, Rabu (1/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati Situbondo yang biasa akrab dipanggil Bung Karna ini mengatakan, selama tiga tahun terakhir, PAD Kabupaten Situbondo terus mengalami peningkatan.

“Pada tahun 2020, PAD Situbondo sekitar Rp200 milliar. Kemudian mengalami peningkatan di tahun 2021, menjadi sekitar Rp220 miliar. Dan di tahun 2022 meningkat lagi menjadi Rp276 miliar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bung Karna menjelaskan, dengan meningkatnya PAD tersebut maka berdampak terhadap Anggaran Dana Desa (ADD) yang diterima Pemdes. Sehingga ia meminta peran aktif Kades dalam mendukung peningkatan PAD di Kota Santri Pancasila.

“Bapak-ibu Kades yang saya hormati, saya berharap pada tahun 2023 bisa lunas keseluruhan dalam pelaksanaan penarikan PBBnya. Dengan begitu pembangunan di Kabupaten Situbondo ini semakin merata,” tegasnya.

Bung Karna juga menerangkan bahwa, sebenarnya Situbondo dan kabupaten/kota yang lain dihadapkan dengan permasalahan yang cukup rumit. Yakni DAU yang terus berkurang.

“Bahkan pemerintah pusat turut mengatur DAU. Mulai dari gaji PPPK, infrastruktur dan lainnya. Hanya sisanya yang diberikan kepada Pemda untuk diatur,” bebernya.

Kondisi ini pun membuat fleksibilitas Pemerintah Daerah kian berkurang. Karena itu, dirinya berharap semua pihak, tidak terkecuali Pemerintah Desa (Pemdes) untuk bisa membantu meningkatkan kemandirian fiskal masing-masing kabupaten/kota.

“Untuk bisa meningkatkan kemandirian fiskal ini, saya tidak bisa bergerak sendiri. Tapi perlu bantuan semua pihak, termasuk para Kades,” pungkasnya.

Sekedar menginformasikan, Desa dan Kecamatan yang mendapat penghargaan dari Bupati Situbondo diantaranya:

Kecamatan Sumbermalang
Desa Taman Kursi; Baderan; Alas Tengah; Tlogosari; Taman Sari; Kalirejo, Sumber Argo; Plalangan dan Taman.

Kecamatan Banyuglugur
Desa Tepos; Talempong; Lubawang; Selobanteng dan Kalisari.

Kecamatan Besuki
Desa Kalimas; Pesisir; Langkap dan Widoropayung

Kecamatan Suboh
Desa Mojodungkol; Gunung Putri; Cemara dan Gunung Malang

Kecamatan Mlandingan:, Desa Alas Bayur, Bayeman, Kecamatan Kendit, Desa Tambak Ukir, Kecamatan Arjasa; Kecamatan Panji; Desa Seliwung, Bantal dan Kedunglo, Kecamatan Asembagus, Kecamatan Bungatan, Desa Blitok. (Tim)

Check Also

KOMISI PEMILIHAN UMUM MENGELAR RAPAT PLENO TERBUKA PENETAPAN PEROLEHAN KURSI DAN ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

mutiaraindotv.com | Bekasi – Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Bekasi pada hari ini menggelar rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *