Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi Lantik 18 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

7 OPD Besar Tetap Kosong

MUTIARAINDOTV. COM  – (SITUBONDO)  – Bupati Situbondi H. Karna Suswandi melantik Pejabat Tinggi Pratama (Eselon II), di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kabupaten Situbondo di Pendopo Eks Kawedanan  Besuki, Jumat (27/08/2021).

Para pejabat yang dilantik pada jabatan pimpinan tinggi pratama, hasil asesment beberapa waktu lalu. Untuk saat ini 7 OPD tetap dibiarkan kosong.

“Selaku pribadi dan atas nama pemerintah saya mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru saja dilantik, kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh negara agar dijalankan dengan penuh perhatian, komitmen serta tanggung jawab yang tinggi”, ucap Bupati,  Karna Suswandi  usai melantik.

Bupati juga menjelaskan alasan
Kenapa acaranya dilaksanakan Besuki ? “Dulu pemerintahan kita 203 tahun yang lalu berwal dari besuki jadi adipati aryo prawiro diningrat sebagai bupati pertama memulai pemerintahannya dari pendopo ini, dan insyallah tanggal 15 Agustus 203 tahun yang lalu beliau ini juga di lantik di sini. Kami bung karna dan nyi khoironi ingin memulai pemerintahan ini berangkat dari besuki sebagai awal sejarah pemerintahan kabupaten situbondo, “ujar Bupati yang akrab dengan sebutab Bung Karna.

Oleh karna itu, sambung Bupati ingin juga mengenang besuki itu bukan hanya sebagai pusat pemerintahan pertama kabupaten situbondo, tetapi besuki ini adalah di masa majapahit, di sini ada desa Kettah dimana Kettah itu adalah bagian dari puncak kerajaan lamajang yang juga di sini ada di wilayah kecamatan Besuki.

“Oleh karena itu sejarah yang begitu besar di besuki ini menjadi inspirasi kami berdua bersama nyi Khoirani untuk melakukan pelantikan di pendopo bupati yang pertama ini, “Terang H. Karna Suswandi

Lebih jauh H.Karna Suswandi di hadapan para pejabat eselon II Mengatakan bahwa beberapa hari ini Jabuoaten Situbindo sudah memasuki zona kuning covid 19. Bukan hanya zona kuning tetapi kasus aktif kita ini sekarang berada pada rangking 37. Artinya menjadi rangking ke-2 kasus aktif yang terkecil di provinsi jawa timur. Insyaallah hanya ada 83 kasus aktif sampai sekarang, mudah – mudahan ini akan terus berlanjut terus menurun sehingga kita bisa terus bertatap muka seperti sekarang ini.

“Nah, kami melaksanakan pelantikan di Pendopo Eks Karesidenan Besuki ini sebagai wujud rasa bahagia kita semua atas kinerja kita dimana kita sudah bisa terus membuat kasus covid-19 di kabupaten situbondo terus menurun dan mudah – mudahan akan terus menurun sejalan dengan kinerja yang lebih baik dari pejabat tinggi pratama yang baru saya lantik ini,”Imbuhnya

Lebih Lanjut, H.Karna Suswandi menjelaskan mutasi itu adalah hal yang biasa. Mutasi itu adalah keniscayaan yang memang harus dilakukan oleh sebuah organisasi agar organisasi ini bisa berkembang, berjalan dengan baik, dan organisasi ini bisa berjalan dengan maksimal untuk lebih meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat, lebih lebih untuk meningkatkan cita – cita kita, dalam mewujudkan masyarakat situbondo yang Berjaya,” Terang H. Karna Suswandi .

Dirinya juga berpesan kepada pejabat tinggi pratama yang baru dilantik, saya berharap agar kinerja yang ada saat ini untuk terus ditingkatkan karena bagaimanapun juga ukuran kinerja ini akan terus kita evaluasi dalam tahun – tahun yang akan datang, sehingga target kinerja dari masing – masing OPD ini bisa terpenuhi sesuai dengan RPJMD.

“Oleh karna itu saya berharap kepada semuanya mari bersemangat didalam bekerja sekarang sudah saatnya kita memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, bukan lagi saatnya duduk bersantai tetapi harus turun ke masyarakat untuk bisa memberikan pelayanan yang prima,”terangnya.

Bung Karna juga berharap kepada seluruh pejabat tinggi pratama yang dilantik, segera lakukan adaptasi sekaligus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada, kenali lingkungannya, kenali tupoksinya, kenali apa yang menjadi target kinerja RPJMD-nya. Saya tidak ingin target RPJMD kita menjadi gandol, saya ingin seluruh target RPJMD yang ada di masing – masing dinas bisa dicapai sesuai dengan target dan waktu yang telah ditetapkan. Yang kedua, pejabat itu adalah pelayan karena pelayan tentu harus bisa mengabdikan diri kepada masyarakat tidak lagi berleha – leha duduk – duduk kemudian hanya memerintahkan seluruh staf yang ada. Tetapi karena pelayan mari kita bersama – sama turun ke masyarakat agar masyarakat kita memiliki kepuasan diberikan pelayanan oleh aparatur pemerintah ASN yang ada di kabupaten situbondo termasuk para pejabat tinggi pratama yang baru kami lantik. Yang ketiga, bahwa jabatan yang diberikan ini adalah sebuah kepercayaan sebuah Amanah yang harus dilakukan. Jabatan ini bukanlah hak, tetapi harus dilakukan sesuai dengan Amanah yang diberikan, Tegas Bung Karna.

Oleh karena itu saya berharap kepada semuanya mari kita pertajam apa yang menjadi tupoksi didalam rangka untuk menghasilkan apa yang menjadi target kinerja dalam RPJMD itu. Pelajari itu dengan baik sehingga arah dan kebijakan pimpinan bisa diikuti dengan baik. Sehingga arah dan kebijakan pimpinan bisa terus dikembangkan dengan baik sesuai dengan tupoksinya dan kreativitas serta inovasi – inovasi dari pejabat tinggi pratama yang mnedapatkan kepercayaan dari pimpinan. Oleh karena itu mari kita sekarang bukan saatnya lagi bekerja secara parsial, tapi saatnya kita bekerja secara terpadu apa yang menjadi fokus kegiatan, fokus daripada tujuan kita, fokus dari pada prioritas pembangunan setiap tahunnya agar ini dipahami dengan sebaik – baiknya. Untuk melaksanakan ini dengan terpadu saya berharap pada pejabat tinggi pratama untuk bisa melakukan koordinasi dengan baik. Lakukan bersama – sama dengan dinas – dinas lain. Sekarang sudah bukan saatnya ini bagianku dan ini bagianmu sudah tidak lagi. Mari kita lakukan secara bersama – sama, Pungkas Bung Karna

Adapun Pejabat Eselon 2 yang dilantik sebanyak 18 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, yakni KHOLIL, S.P., M.p. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dilantik sebagai Asisten Pemerintahan dan Kerjahteraan Rakyat,, Ir. SENTOT SUGIYONO Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, jabatan barunya dilantik sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan,, Drs. PRIO HANDOKO, M.Si. Kepala Pelaksan Badan Penanggulangan Bencana dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Drh. Mohammad Hasanuddin Irwansa Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan,, Drs. Abd. Rasyid M.Si. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dilantik menjadi Staff Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik,, SUGENG YUWONO, S.H, M.Si. Staff Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik dilantik menjadi Sekertaris DPRD,,

Selanjutnya, Drs. Sugiyono, M.Pdi Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dilantik menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Drs. HARIYADI TEJO LAKSONO, M.Si Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset dilantik menjadi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan,, Edi Wiyono S.Sos. M.Si. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dilantik menjadi Kepala Dinas Perdagangan Dan Perindustrian.
Dra. Hj. Tri Cahya Setianingsih, M.M Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dilantik menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipi, Drs. Ahmad Djunaidi, M.Si. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dilantik menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,, Abdul Kadir Jaelani, S.Sos. M.Si. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian dilantik menjadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan,,

Selain Itu juga ada, Basuki, S.H. M.Si. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dilantik menjadi Kepala Badan Kesatuan Bngsa dan Politik,, Drsh. Akhmad Yuluanto, M.Si. Inspektur dilantik menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,, Didik Sulistiono, S.H. M.Si. Sekertaris DPRD dilantik menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja,, Drsh. Muhamnad Imam Darmaji, M.Si. Staff Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan dilantik menjadi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan,, Drs. Nugroho, M.Si. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dilantik menjadi Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro,, Drs. EC. Zainul Arifin, M.Si. Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia dilantik menjadi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana, dari 18 Pejabat eselon II yang dilantik dan diambil sumpahnya, namun masih ada 7 OPD besar yang dikosongi atau belum diisi

Hadir pada pelantikan, Wakil Bupati Situbondo Hj. Khoironi, Ketua DPRD, Edi Wahyudi, Dandim 0823, Neggy Kuntagina, Waka Polres Situbondo, Pujiarto Sekretaris Daerah H. staifulkah, Kajari Situbondo, Kepala BKPSDM, Dr. fathorrakhman serta Para Kepala OPD lingkungan Pemkab Situbobdo (SR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *