Cegah Penyebaran Covid-19, Mendagri Sarankan Kepala Daerah Tunda Pilkades

MutiaraindoTV, Kabupaten Nias Barat – Sumatera Utara. Untuk menghambat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang saat ini meningkat signifikat di seluruh Indonesia, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam suratnya tertanggal 24 Maret 2020, menyarankan kepada Bupati/Walikota seluruh Indonesia agar menunda penyelenggaraan Pilkades serentak maupun Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) dilingkup Pemerintahannya.

Hal itu dilakukan sebagai tindaklanjut arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tanggal 15 Maret 2020 terkait penanganan Virus Corona (Covid-19), dan Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 9.A Tahun 2020 tentang Penetapan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.

Dalam isi Surat Mendagri tersebut yang dikirimkan dalam Group WhatsApp Media MutiaraindoTV, pada tanggal 26 Maret 2020,  diuraikan saran  kepada Kepala Daerah serta langkah – langkah yang ditempuh sebagai berikut :

  1. Menunda penyelenggaraan Pilkades serentak dan Pemilihan Kepala Desa PAW sampai dicabutnya penetapan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat Virus Corona (Covid-19) di Indonesia oleh pihak yang berwenang.
  2. Penundaan yang dilakukan tidak membatalkan tahapan yang telah dilaksanakan sebelum.
  3. Dalam hal proses telah pada tahapan penetapan calon, maka proses tahapan selanjutnya yang terdapat kegiatan berkumpul orang banyak seperti kampanye calon maupun pemungutan suara untuk dapat ditunda untuk sementara waktu.
  4. Agar hal berkaitan dengan kunjungan kerja para Kepala Desa atau menerima kunjungan dari dan ke daerah lain ditangguhkan dengan waktu yang akan dikonfirmasikan kembali.

(Tim Red/AH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *