Cukan Lipai Desa Kedua Kampung Bebas Karhutla Di Hulu Sungai Tengah

Mutiaraindotv, Barabai – Kalimatan Selatan, Cukan Lipai, Kecamatan Batang Alai Selatan, Desa Kedua sebagai Kampung (Desa) Bebas Karhutla di Hulu Sungai Tengah. Hal tersebut dicanangkan oleh Bupati Hulu Sungai Tengah Drs. Ahmad Cairansyah. Yang bertempat di lapangan Sepakbola Desa Cukan Lipai, Kecamatan Batang Alai Selatan, RT. 007 RW.002 Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Selasa, 17 September 2019.

Turut hadir dalam pencanangan Kampung/desa Bebas Karhutla antara lain; Bupati HST Drs. H. Achmad Chairansyah, Dandim 1002/Barabai diwakili Kepala Staf Kodim 1002/Barabai Mayor Inf H. Pahrijani, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo S.ik, MH, Kajari HST diwakili, Ka Rutan Kelas IIB Barabai yang diwakili, Ketua Pengadilan Agama Barabai yang diwakili, Kepala Kemenag HST yang diwakili, Perwira Staf dan Danramil Kodim 1002/Barabai, anggota BPBD HST, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, anggota Tagana HST, dan Tokoh Pemuda serta Tim Satgas Karhutla Kodim 1002/Barabai serta warga masyarakat Cukan Lipai.Pada kesempatan tersebut Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Nur Rohman Zein, SE, MM, yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim 1002/Barabai Mayor Inf H. Pahrijani, menyampaikan Apresiasi kepada Kapolres HST atas kegiatan Pencanangan ” Kampung Bebas Karhutla “.Kegiatan pencegahan Karhutla ini membutuhkan keterlibatan semua pihak dan seluruh elemen masyarakat berpartisipasi dalam rangka menekan terjadinya karhutla di Kabupaten HST demi kesuburan dan kemakmuran warga bumi Murakata. Dan berharap kepada warga agar tidak lagi membakar hutan dan lahan, ” Semoga Pencanangan Desa Bebas Karhutla “ di Desa Cukan Lipai, ini diharapkan nantinya akan diikuti oleh Desa -Desa lain yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, katanya.

Sedangkan Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.ik, MH, ,manfaatkan Media Sosial untuk mensosialisasikan Karhutla kepada rekan, kawan, saudara – saudara secara bersama-sama guna mencegah Karhutla untuk menumbuhkan rasa memiliki hutan, lahan demi anak cucu kita. Mari kita jaga terus alam kita agar tidak ada Karhutla di wilayah Hulu Sungai Tengah dan Polri akan mendukung kebijaksanaan baik dari pusat maupun dari daerah terkait penanganan Karhutla, ungkapnya.Dalam sambutannya Bupati HST Drs. H. Achmad Chairansyah, menyampaikan ucapkan terima kasih dan Penghargaan kepada Polres HST serta semua pihak yang turut mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan pencanangan kampung bebas karhutla di Desa Cukan Lipai ini merupakan salah satu upaya kita dalam pencegahan Karhutla melalui koordinasi Integritas, Komitmen, dan Kepedulian yang kuat dari semua pihak khususnya di Bumi Murakata.Permasalahan Karhutla merupakan permasalahan yang sudah pasti akan medatangkan kerugian yang signifikan, oleh karena itu dicanangkannya kampung bebas Karhutla sangat baik ditumbuh kembangkan agar dapat membangun kesadaran masyarakat terkait pecegahan Karhutla, pungkasnya. (Pendim 1002).

editor ” Kaperwil SumSel “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *