Dalam Rangka Optimalisasi Pemanfaatan Air pada D.I Kelingi Tugumulyo, Wabub Hadiri PKM II

Mutiaraindotv, Musi Rawas – Sumatera Selatan, Wakil Bupati Musi Rawas Hj. Suwarti, menghadiri Pertemuan Konsultasi Masyarakat II (PKM II) dalam rangka membahas Pengaturan Alokasi Air untuk Sawah dan Kolam Ikan. Tepatnya di daerah Irigasi Ilir Kelingi Tugumulyo, yang dilaksanakan di Temam Meeting Room Dafam Hotel. Selasa, 14 Januari 2020.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII Ir. Birendrajana, Walikota Lubuklinggau Drs. H. SN Prana Putra Sohe, Wakil Bupati Musi Rawas Hj. Suwarti, Kajari Musi Rawas Zairida, Dandim 0406 Letkol Inf Aan Setiawan, Perwakilan Polres Musi Rawas, Perwakilan Polres Lubuklinggau, OPD terkait, serta Petani Sawah dan Ikan.Dalam rangka meningkatkan kinerja layanan Irigasi, Pemerintah merencanakan Pembangunan Nasional berkelanjutan yang tertuang dalam Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN). Berdasarkan UU No. 17/2017, tentang RPJN 2005 – 2025, UU No.18/2012 tentang Pangan, UU No. 19/2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII, menyampaikan tujuan Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) ke dua ini, untuk menyampaikan informasi terkait Rencana Rehabilitasi di Daerah Ilir Kelingi Tugumulyo. Dan menyampaikan survey, inventarisasi, dan identifikasi permasalahan di lapangan serta rencana pengaturan kembali air untuk kebutuhan Irigasi Sawah Pertanian dan Kolam Ikan.Wakil Bupati Musi Rawas Hj. Suwarti, meminta agar segera diperbaiki Irigasi yang tidak berfungsi maupun irigasi yang beralih fungsi dan segera mengatur Petani Kolam Ikan, yang memanfaatkan Air dari saluran Irigasi. Sebab, memasuki musim kemarau Petani Sawah kesulitan dalam memperoleh air untuk mengaliri daerah Persawahan. (Kominfo/Mitv SumSel).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *