Dengan Prokes Ketat, Desa Besuki Salurkan BLT DD Tahap ke V Untuk 152 KPM

MutiaraindoTV.com Situbondo – Penyaluran BLT DD Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahap V (Lima) Bulan Mei 2021 telah dilaksanakan di Aula Balai Desa Besuki pada hari Jum’at (23/7/2021).

Pemerintah Desa menyalurkan BLT DD kepada sebanyak 152 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Jumlah tersebut sesuai dengan hasil pendataan KPM yang diperoleh dari musyawarah di tingkat Dusun untuk kemudian ditetapkan di tingkat Pemerintah Desa melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdeskus).

Adapaun penentuan penerima BLT DD didasarkan pada keluarga yang belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah baik melalui PKH, BPNT, BST maupun program bansos lain. Kriteria tersebut ditetapkan agar memudahkan pendataan calon KPM agar tidak menerima bantuan ganda yang bersumber dari anggaran Pemerintah, sehingga dapat terjadi pemerataan penyaluran bantuan.

Penyaluran BLT DD dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti mempersiapkan tempat duduk berjarak agar tidak terjadi kerumunan, melakukan pengecekan suhu sebelum memasuki aula balai Desa, mencuci tangan, serta mengenakan masker.

Penyaluran BLT DD dilaksanakan Pukul 08:00 WIB sebagaimana jadwal yang sudah disampaikan sebelumnya kepada calon penerima, dan berjalan lancar.

Sebagai syarat penggambilan BLT DD, penerima diharuskan membawa syarat berupa surat pernyataan bermaterai 10.000 yang memuat belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah, fotokopi KTP dan KK KPM untuk memastikan bahwa warga yang datang adalah benar-benar KPM yang sudah ditentukan. Masing-masing KPM menerima bantuan sejumlah Rp. 300.000,- yang bersumber dari Dana Desa. Hal tersebut sesuai dengan instruksi PMK-222 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 yang didalamnya memuat bahwa BLT DD harus dilaksanakan selama 12 bulan.

Turut hadir dalam pelaksanaan penyaluran BLT DD kali ini, BHABINKAMTIBMAS dan Pendamping Desa dalam rangka melakukan monitoring pelaksanaan penyaluran BLT DD Tahap lima Tahun 2021.

Kades Besuki Husama Bahres menuturkan bahwa masyarakat sangat antusias menyambut menyaluran BLT DD Tahap ke lima ini.

” Alhamdulillah semua terlaksana dengan aman dan lancar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid 19, karena saat ini dampak Pandemi Covid 19 menyerang 2 hal, Yakni Kesehatan dan Ekonomi,” Ujar Kades dua periode ini.

Husama juga menerangkan bahwa ada 152 KPM, dengan jumlah dana yang disalurkan Rp. 45.600.000

” Desa Besuki ada 152 KPM total anggaran Rp. 45.600.000,- dan semuanya selesai disalurkan,” Tuturnya.

Salah satu KPM Penerima Ani mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, karena setidaknya bantuan seperti ini masih bisa meringankan beban karena adanya dampak Pandemi.

” Sekarang mau usaha apa, PPKM Darurat aturannya ketat, mau jualan tidak laku, mau kerja orang – orang seumur kita ini diterima dimana, Alhamdulillah dengan adanya BLT DD ini kami merasa terbantu, terima kasih pemerintah, terima kasih juga Buat bapak kades Husama,” Ucap salah satu Penerima BLT DD desa Besuki.

(Aisyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *