Desa Sidourip Juara 1 Pelaksanaan Lingkungan Bersih Dan Sehat Tingkat Propinsi Sumatera Utara Tahun 2019

MutiaraindoTV, Kabupaten Deli Serdang – Sumatera Utara. Kedatangan Ketua Tim Verifikasi PKK Pusat Ny. Endang Budi Martini dari Kementerian Kesehatan dan perwakilan TP PKK Propinsi beserta rombongan disambut Ketua TPP PKK Deli Serdang Ny. Hj. Yunita Ashari Tambunan dan di dampingi pengurus TP PKK Kabupaten, perwakilan OPD, Camat Beringin serata Muspika, Ketua TP PKK Desa Sidourip beserta Kader, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Karang Taruna, untuk melakukan Verifikasi Lapangan kategori pelaksanaan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), Tingkat Nasional di Desa Sidourip Kecamatan Beringin.

Untuk melakukan penilaian pelaksanaan program lingkungan bersih dan sehat oleh Kader PKK setempat dan Desa Sidourip mewakili Provinsi Sumatera Utara dan masuk peringkat 6 besar di tingkat nasional. Selasa, 19 Mret 2019.

Ny. Hj. Yunita Ashari Tambunan mengucapkan, selamat datang kepada tim verifikasi PKK Pusat beserta rombongan di Desa Sidourip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Desa Didourip merupakan juara 1 Desa Pelaksana Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019.

Masyarakat Desa memiliki semangat untuk memperdayakan keluarga melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK, secara khusus dalam melaksanakan lingkungan bersih dan sehat. Dimana dalam melaksanakan penyuluhan serta menggerakkan masyarakat, agar setiap rumah tangga sudah mempunyai :

  • Jamban sehat.
  • Mempunyai Saluran Pembuang Air Limbah (SPAL).
  • Menggunakan Air Bersih.
  • Tempat Pembuangan Sampah Tidak Berserakan.
  • Pemilikan Sampah Mempunyai Kartu Sehat, Serta Mempunyai Lemari Penyimpanan Makanan Yang Baik.
  • Pemberantasan Sarang Nyamuk, Agar Terhindar Dari DBD Dan Bebas Jentik.

Ketua Tim PKK Pusat Ny. Endang menyampaikan, terima kasih dan Pengargahan yang tinggi kepada jajaran penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang, yang di dukung oleh Pemerintah Daerah dan segenap masyarakat.

Tujuan verifikasi untuk mengecek langsung apakah data yang dilaporkan ke pusat tersebut, sama dengan data kondisi di lapangan. Tim penilai juga memperbanyak dialog dengan warga setempat serta bertujuan, agar seluruh masyarakat di Indonesia bisa melakukan kebersihan lingkungan.

Lombah ini akan merebutkan penghargaan, adalah :

  1. Pakarti Utama, 1.2.3.
  2. Pakarti Madya, 1,2,3.

Ditegaskan Ketua Tim Verifikasi, bahwa Kabupaten Deli Serdang yang mewakili Propinsi Sumatera Utara pada lomba LBS tingkat nasional, artinya peringkat ke 6 sudah ditangan.

Selain Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara ada 5 Kabupaten/Kota, diantaranya :

  1. Kabupaten Maringin, Provinsi Jambi.
  2. Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat.
  3. Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.
  4. Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
  5. Kabupaten Lampung, Provinsi Lampung.

Penyerahan hadiah lombah kategori pelaksanaan LBS ini akan berlangsung pada Juli mendatang, di Kota Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan. (Pairin S.Sos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *