Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Serta Mahasiswa UMJ Adakan Kegiatan Sekolah Peradaban Journalis

Mutiara IndoTV, Kabupaten Bogor – Jawa Barat. Dinas Pendidikan kabupaten bogor serta Mahasiswa UMJ adakan Kegiatan Sekolah Peradaban Jurnalis Indonesia (SPJI) Kabupaten Bogor, (Bidang Pendidikan Non Formal) dengan Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ).

Kegiatan ini diikuti oleh 35 Orang peserta yang terdiri dari Siswa – Siswi jenjang SMA&SMK, selain itu diikutsertakan juga perwakilan dari Karang Taruna yang berada di wilayah Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor
yang bertempat di Aula I Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Kamis, (08/03/2018).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kretifitas pemuda dalam membuat berita singkat, padat dan terpercaya. Bagaimana menulis yang mudah, menulis itu bukan suatu teori atau suatu keahlian tetapi menulis sebagai ketrampilan. Ada 5 unsur yang harus diperhatikan dalam membuat berita ;

1. Menjawab apa yang terjadi (What)

2. Siapa yang bicara/melakukan (Who)

3. Dimana peristiwanya/kejadiannya (Where)

4. Kapan terjadinya (When)

5. Bagaimana peristiwa itu bisa terjadi (Who)

Setelah mengikuti kegiatan SPJI (Sekolah Peradaban Jurnalis Indonesia) tersebut, diharapkan peserta bisa lebih kreatif dalam membuat pemberitaan yang jujur sesuai fakta dan sesuai konten.

Panitia kegiatan sekolah peradaban Journalis Indonesia mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers yang telah hadir, serta Dewan Pendiri AWMI (Aliansi Wartawan Muda Indonesia) yang mendukung terlaksananya kegiatan tersebut. (Rachmat/Redaksi)