Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Situbondo Melaunching Inovasi Digitalisasi

Mutiatandotv.vom, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melaunching inovasi digitalisasi perpustakaan dan kearsipan (Tali Pusar), Acara tersebut berlangsung di Ruang Intelligence Room (IR).Selasa (18/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karna Suswandi berharap, inovasi tersebut bisa meningkatkan minat baca masyarakat di Kota Santri Pancasila. Khususnya para pelajar.

“Kita harus rajin membaca, untuk bisa mengembangkan kreativitas dan inovasi. Jadi, membaca itu penting,” ucap Bupati Karna.

Dengan membaca, lanjut Bupati Karna, masyarakat bisa mengikuti perkembangan zaman yang semakin kompleks.

“Jadi, jangan hanya mengandalkan pekerjaan rutinitas saja. Mana bisa maju kalau pola pikir kita masih seperti itu,” tegasnya.

Dengan inovasi Tali Pusar, sambung Bupati, yang dimiliki Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Situbondo ini bisa berdampak positif terhadap minat baca para pelajar.

“Karena kemampuan berpikir dan kecerdasan itu harus diasah. Sehingga, para pelajar di Situbondo bisa memiliki ide-ide yang cemerlang,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Situbondo, Ahmad Junaidi, mengungkapkan inovasi tersebut merupakan layanan baru dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat guna mewujudkan kualitas literasi.

“Kami juga masih inovasi-inovasi lainnya. Seperti pelayanan 7 hari kerja masyarakat puas (Pantura Mas), ini merupakan layanan perpustakaan selama 7 hari. Mulai Senin sampai Minggu,” ujarnya.

Junaidi melanjutkan, pihaknya masih memiliki berbagai inovasi. Seperti berkeliling cerita untuk anak di masa depan (Becak Mapan). Yaitu layanan berkeliling ke sekolah-sekolah, desa, tempat wisata, sebagai upaya jemput bola menumbuhkan minat baca anak-anak melalui metode bercerita.

“Terus ada penelusuran naska kuno melestarikan aset sejarah. (Penaku). Ini upaya kita untuk melestarikan naska kuno yang ada di masyarakat melalui alih media. Kami juga merancang inovasi dalam bentuk aplikasi baru. Yakni Tajin Palappa. Tujuannya agar mempermudah dan mempercepat pencarian dokumen arsip daerah di semua OPD,” bebernya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *