Dipertanyakan SK Pemberhentian Perangkat Desa Curah Kalak

oleh -52 views

MutiaraindoTV, Kabupaten Situbondo – Jakarta. Semakin kuat dugaan Kepala Desa (Kades) Curah Kalak Mohammad Matnaji S.H, yang merupakan Kades yang baru terpilih ini menggunakan wewenangnya dengan semena – mena, yang juga Diduga mendapat tekanan dari Tim Sukses-nya (TS), di dalam pemberhentian Lima (5) Perangkat Desa Curah Kalak, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Selasa, 25 Februari 2020.

Selanjutnya Wartawan Media MutiaraindoTV dan para Awak Media yang hadir juga bersama LBH PETA (Lembaga Bantuan Hukum Pembela Tanah Air) Situbondo Mohammad Sadik, Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) Edi Wijoyo S.H, yang juga mendampingi 5 Perangkat Desa yang diberhentikan oleh Kades Curah Kalak.

Kemudian 5 Perangkat Desa Curah Kalak yang diberhentikan, Sekretaris Desa (Sekdes) Agus Marsuki, Kepala Dusun (Kadus) selatan 1 Hasan As’ari, Kadus utara Jasuli, Kadus selatan 2 Nursawi, Kadus tengah Kartono.

Hal ini juga telah kami konfirmasi melalui Via telpon pada Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Curah Kalak Ruslan Efendi, menurut keterangan dan penjelasan Ketua BPD Ruslan Efendi “bahwa BPD sudah mengetahui hal ini tetapi tidak diikut sertakan dalam musyawarah pemberhentian Perangkat Desa,” jelas Ruslan Efendi.

Para perangkat desa yang diberhentikan salah satunya Agus Marsuki menyampaikan pada Awak Media dan LBH PETA, “bahwa surat pemberhentian tersebut Tertanggal 22 Februari 2020, tetapi di isi surat terhitung tanggal 17 Februari 2020 yang dibuat dan ditanda tangani oleh Kades Curah Kalak dan Surat Keputusan (SK) ini perlu dipertanyakan lagi. “Ucap Agus Marsuki.

Seketika itu juga Tim LBH PETA bersama para Awak Media mendatangi Kantor Balai Desa Curah Kalak untuk mengkonfirmasi Kades Curah Kalak, tetapi tidak ada ditempat dan hanya bertemu dengan salah satu Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan AS yang juga menjelaskan, “bahwasannya dia tidak bisa memberikan suatu keterangan yang jelas terkait masalah tersebut karena hal ini merupakan kewenangan Kades Curah Kalak dalam memberikan pernyataan,” jelasnya.

Seterusnya Wartawan Mutiaraindo Tv menemui Camat Jangkar Samsito S.Pd., M.Pd, di Kantor Kecamatan Jangkar, tetapi Camat lagi tidak ada ditempat dan yang ada hanya Sekcam (Sekretaris Camat), kemudian kami langsung mengkonfirmasi tentang hal ini, dan menurut keterangan serta penjelasan Sekcam Jangkar Hj. Atin Suryatin S.Sos, menyampaikan, “bahwa terkait pemberhentian 5 Perangkat Desa Curah Kalak itu tidak ada keterangan atau surat pemberitahuan dari Kades Curah Kalak, serta dia tahu bahwa Camat Jangkar tidak pernah memberikan Rekomendasi pemberhentian Perangkat Desa Curah Kalak. “Pungkas Hj. Atin Suryatin. (Irwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.