Dishub Situbondo Kini Memiliki Voice Traffic Dalam Upaya Peningkatan Layanan Public Dan Tekan Pelanggaran Lalulintas.

Foto – Pak Dhe Tulus tampak memberi imbauan normatif diruang ATCS pada pengendara yang terpantau di simpang Traffic Light. (Cw1/mam)

Mutiaraindotv.com, Situbondo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Situbondo telah memasang sejumlah Voice Area Traffic Control System (ATCS) di beberapa persimpangan jalan. Keberadaan Voice Traffic ini bisa dipantau dari ATCS yang berpusat di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Situbondo, Senin (20/12/2021) siang.

Seperti hal yang terpantau seorang pelajar berjilbab tidak memakai helm terekam dan tertangkap CCTV saat berhenti di Traffic Light dan diberi peringatan normatif melalui Voice Traffic oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Situbondo Drs Tulus Prijatmadji SH M Hum yang juga akrab disapa Pak Dhe Tulus saat diwawancarai Mutiaraindotv.com mengatakan, bahwa Kabupaten Situbondo saat ini memiliki terobosan baru yaitu Voice Traffic, yang ditempatkan di beberapa titik Traffic Light di Kabupaten Situbondo.

” Kami akan selalu mengingatkan para pengendara yang normatif saja, contohnya tentang prokes, karena sekarang masih pandemi Covid-19 dan kepatuhan lalu lintas diantaranya memakai helm. Kita melihatnya melalui CCTV yang sudah siap dan mengingatkan pengendara melalui Voice, “ucap Pak Dhe Tulus dihadapan sejumlah awak media.

Seperti yang kita lihat tadi, lanjut Pak Dhe Tulus, ada beberapa pengendara yang bingung mendengar Voice peringatan tersebut.

” Tadi kita lihat ada pelajar mengendarai sepeda motor berhijab tapi tidak memakai helm, kita langsung ingatkan melalui Voice, dan tampaknya mereka merasa kebingungan mendengar suara tersebut, “ujarnya.

Lebih lanjut Pak Dhe Tulus menambahkan, sementara saat ini yang pakai Voice Traffic satu titik dulu tetapi kita sudah memiliki 5 ATCS.

” Adanya Voice Traffic ini tujuannya agar pengendara selalu waspada dan pelanggaran bisa ditekan dari sebelumnya, “imbuhnya.

Dikatakan Kadishub, bahwa pihaknya menargetkan pasang system pengeras suara ATCS diseluruh simpang jalan yang ada di Kabupaten Situbondo, pemasangan Voice Traffic itu.

” Tetapi, bukan untuk mempermalukan para pengendara melainkan menumbuhkan budaya malu pengendara saat melakukan pelanggaran, seperti tidak memakai helm, tidak pakai sit belt (sabuk pengaman pada pengendara mobil, red) bahkan berboncengan lebih dari dua orang akan terpantau oleh CCTV di Traffic Light, “pungkasnya. (Cw1/mam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *