Diskes Tulang Bawang Menghimbau Warga Menghindari Komsumsi Makanan Berbahan Nitrogen Cair

Fatoni, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang.

MutiaraindoTV, Kabupaten Tulang Bawang – Lampung. Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang menghimbau warga menghindari konsumsi makanan berbahan nitrogen cair, atau yang lebih familiar disebut jajanan chiki ngebul. Jum’at, 28 Januari 2023.

Chiki ngebul memang menarik minat masyarakat, terkhusus ketika ada Event Festival dan Pasar Malam, hiki ngebul menjadi jajanan favorit di kalangan remaja dan anak – anak.

Namun, baru – baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan himbauan akan larangan dan bahayanya jajanan chiki ngebul.

Adapun chiki ngebul adalah jajanan yang dicampur dengan nitrogen cair, sehingga memunculkan efek asap dan dingin pada makanan. Jajanan chiki ngebul pun belakangan menjadi sorotan, karena menyebabkan keracunan pada sejumlah anak di berbagai daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang, Fatoni yang diwakili Kasi Pelayanan Kefarmasian dan Kesehatan Tradisiona Aziza mengatakan, “pihaknya juga mengingatkan agar tetap waspada dan berhati – hati dalam mengkonsumsi sejumlah makanan, salah satunya jajanan chiki ngebul.

“Masyarakat diharapkan dapat terus waspada dan berhati – hati dalam memilih jajanan makanan, salah satunya chiki ngebul yang viral beberapa waktu terakhir. “Ungkapnya.

Terpisah, menurut Guru Besar Ilmu Kimia Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada, Chairil Anwar menuturkan, nitrogen cair tidak mudah terbakar. Hal tersebut dikarenakan nitrogen cair memiliki suhu yang dingin dan berasap, sehingga nitrogen sulit sekali atau hampir tidak mudah terbakar.

“Nitrogen tidak mudah terbakar hal itu dikarenakan nitrogen cair memiliki suhu yang begitu dingin, namun menurutnya, nitrogen bisa terbakar ketika sudah berubah menjadi peledak seperti Trinitrotoluene (TNT). ”Ujarnya. (Paidi)

Check Also

Sambut HUT Kodam III/Siliwangi, Kodim 0619/Purwakarta Gelar Bhakti Sosial Donor Darah

MutiaraindoTV, Kabupaten Purwakarta – Jawa Barat. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam III/Siliwangi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *