DP3AP2KB Gelar Pertemuan Gugus Tugas KLA Untuk Finalisasi Pengisian Evaluasi

Mutiaraindotv.com, Situbondo – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3A-P2KB) Kabupaten Situbondo mengadakan kegiatan pertemuan gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA), Selasa (22/3/2022). Hal tersebut dalam rangka untuk finalisasi pengisian evaluasi Kabupaten Layak Anak Kabupaten Situbondo sepanjang Tahun 2022.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Situbondo, Drs. H. Syaifullah, MM dengan didampingi Nara Sumber R. Ari Candra Novianto dari KP3AK Provinsi Jawa Timur, Kepala DP3A-P2KB, Imam Darmaji dan juga Sekretaris DP3A-P2KB, merangkap moderator, Nur Hidayat serta ratusan peserta undangan yang hadir.

Selain itu, juga hadir perwakilan dari 17 Kecamatan, perwakilan dari beberapa OPD, jajaran Puskesmas serta kalangan pemberdayaan pemuda, organisasi wanita juga ikut dilibatkan dalam acara tersebut pergerakan wanita.

Sekdakab Situbondo, Drs. H. Syaifullah, MM mengatakan, bahwa adanya kegiatan ini diharapkan bisa menjadikan manusia yang unggul serta untuk meningkatkan kualitas anak. Untuk itu, imbuh mantan Kepala Bappeda itu, dibutuhkan adanya intervensi dari Pemkab Situbondo dan semua elemen.

“ Misalnya saja untuk pendidikan harus dimulai sejak dini. Maka harus ada pendidikan PAUD yang sesuai dengan era dan jamannya. Jika kita melihat sistem pendidikan kita saat ini, anak-anak masih banyak dibebani dengan banyaknya pelajaran.

” Misalnya tiap tahun juga harus ganti buku,”kata H. Syaifullah.

Terkait dengan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Situbondo, Sambung Sekda H. Syaifullah, setiap tahun selalu dinilai tentang tahapan status KLA. Misalnya, Kabupaten Situbondo mendapatkan apresiasi KLA Kategori Madya dan kini harus ditingkatkan untuk meraih predikat KLA Nindya.

“ Setelah ini, Situbondo akan mendapatkan status KLA saja. Untuk itu kita harus terus membimbing OPD, termasuk saat melakukan penelitian harus disiapkan dengan baik dan selalu didukung dengan data-data yang valid serta terbaru, ”jelas Sekda H. Syaifullah.

Meski demikian, Lanjut Sekda H. Syaifullah, saat ini ada yang harus segera diperbaiki. Misalnya dibidang tehnis harus ada perbaikan data dokumen pendukung di beberapa OPD. Yang mana, ujar dia (H. Syaifullah, red) persoalan data validasi harus didukung adanya SK dan kemudian ada peraturan Kepala Daerah serta ada Perbup berikut data pendukung yang lain.

“ Tadi beberapa OPD saya minta harus menjalin kerjasama sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Sebab, semua tahapannya nanti akan terlihat hasil dan posisi peringkatnya, ”tukasnya.

Sekdakab Situbondo, H. Syaifullah berharap Pelaksanaan evaluasi KLA sendiri menjadi momentum penting dalam rangka mengevaluasi program-program KLA yang telah dicanangkan dan ditetapkan untuk menciptakan SDM yang berkualitas tinggi di masa yang akan datang, banyak penghargaan yang sudah diperoleh oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo. Namun hal tersebut masih dapat kita upayakan untuk peningkatan predikat ke jenjang lebih tinggi.

Selanjutnya, kata H. Syaifullah, untuk mewujudkan peningkatan predikat Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Situbondo Tahun 2022 kita harus meningkatkan kinerja masing-masing dan memberikan inovasi dalam hal pemenuhan hak anak.

” Seperti penguatan kelembagaan di lingkup pemerintahan, lembaga masyarakat, dunia usaha dan media yang lebih aktif lagi dan lebih mengembangkan jejaring kerjasama serta komitmen operasional kebijakan layak anak, “pungkasnya. (Syam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *