DPR RI dan Pemkot Depok Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting


Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting di Kota Depok oleh DPR RI, BKKBN Jawa Barat dan DinasP3AP2KB Kota Depok Pemkot Depok, Kamis (19/10).

MutiaraIndoTV.com( Depok)- Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Hal itu dikatakan Anggota DPR RI Komisi IX, Wenny Haryanto SH, dalam giat Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting di kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok pada Kamis, (19-10-2023)

” Percepatan penurunan stunting merupakan upaya intervensi yang dilaksanakan secara konvergen, holistik, integratif, dan berkualitas melalui kerja sama multisektor di pusat, daerah, dan desa,” Kata Wenny Haryanto SH.

Lebih jauh, Wenny Haryanto mengatakan bahwa stunting di Kota Depok mencapai angka 12,3% dari maksimal 14%, dan rata-rata dialami oleh keluarga menengah ke atas bukan menengah kebawah. Ia juga mengungkapkan bahwa pada di tahun 2024, stunting di Kota Depok terus menurun.

” Mudah Mudahan sampai 0%,” Ujarnya.

Dirinya mengajak masyarakat membiasakan perilaku hidup bersih agar terhindar dari penyakit. Karena hal itu salah satu yang dapat mencegah stunting.

Menurutnya tidak berkembangnya tinggi badan belum tentu Stunting.

“Perlu di ingat orang yang pendek itu belum tentu stunting dan orang yang stunting itu sudah pasti pendek,” Jelas Wenny Haryanto.

Sementara itu, drg. Nessi Annisa, Kepala DinasP3AP2KB Kota Depok mengatakan, Pemerintah Kota Depok sangat concern terhadap upaya percepatan penurunan stunting. Salah satunya melalui pembinaan keluarga-keluarga yang memiliki balita melalui kelompok kegiatan bina keluarga balita (BKB).

“Bagaimana kita mempersiapkan keluarga untuk bisa melakukan pola asuh baik untuk anak-anak. Baik itu pola asuh perilakunya, kesehatannya, lingkungannya, maupun makanannya,” Ujar Nessy Annisa.

Wenny Haryanto SH Anggota DPR RI Komisi IX, bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jabar untuk kesekian kalinya menggelar Program Percepatan Penurunan Stunting di Tingkat Kota/Kabupaten.

Sosialisasi percepatan penurunan Stunting juga dihadiri oleh Herman Melani, SH, MH, Mentor Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat.( dwi)

Check Also

Masa Akhir Jabatan Bupati Situbondo Torehkan Tinta Emas Dengan Membangun GOR Bung Karna

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Bupati Situbondo, Karna Suswandi torehkan tinta emas dengan dibuktikan saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *