DPRD Situbondo Gelar Rapat Paripurna Pengumuman dan Pembentukan Susunan Keanggotaan AKD

Mutiaraindotv.com, Situbondo – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo menggelar rapat Paripurna Pembentukan Susunan Keanggotaan Anggota DPRD Kabupaten Situbondo dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD) berlangsung khidmat dan lancar hingga acara selesai yang dilaksanakan di ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Situbondo, Kamis (24/03/2022).

Dalam rapat Paripurna tersebut, ada 4 nama yang berhasil mengisi jabatan ketua Komisi. Yakni, ketua Komisi I dijabat oleh Hadi Prianto dari Partai Demokrat, ketua Komisi II dijabat oleh Siswo Pranoto dari Partai Golkar, ketua Komisi III dijabat oleh Arifin dari PPP dan ketua Komisi IV dijabat oleh H Sahlawi dari Partai Demokrat.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo Edy Wahyudi, SE diwawancarai Mutiaraindotv.com mengatakan, bahwa proses rapat paripurna menentukan ketua Komisi I hingga IV dan Badan Kehormatan sudah selesai.

“ Kami berharap kepada seluruh alat kelengkapan DPRD yang baru dirotasi agar segera beradaptasi dengan tugas-tugas yang baru dan bekerja secara maksimal, ”kata Edy Wahyudi usai pimpin rapat Paripurna.

Lebih lanjut, Edy Wahyudi mengatakan, bahwa pimpinan AKD dilaksanakan setiap 2,5 tahun dan pada hari ini, sudah sampai ke jadwal pergantian pimpinan AKD.

“ Kalau pimpinan AKD itu dipilih oleh masing-masing AKD. Sedangkan, ketua Komisi yang memilih itu adalah anggota komisinya sendiri, ”jelasnya.

Dengan terpilihnya pimpinan Komisi yang baru, sambung Edy Wahyudi, kinerja DPRD Kabupaten Situbondo kedepan semoga lebih baik lagi dan mampu melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi dan tupoksi DPRD.

“ Di DPRD ada 6 fraksi, masing-masing fraksi berhak mencalonkan satu orang Badan Kehormatan dan sementara di tata tertib hanya ada 5 anggota Badan Kehormatan, maka harus ada satu yang tidak terpilih menjadi calon anggota Badan Kehormatan, ”tuturnya.

Ditambahkan Edy Wahyudi, perubahan susunan alat kelengkapan dewan (AKD) merupakan hal yang biasa dan merupakan penyegaran terhadap tugas dan wewenang anggota DPRD dalam menjalankan kinerjanya.

“ Ketentuan mekanisme perubahan susunan Alat Kelengkapan DPRD Kabupaten Situbondo telah diatur secara explisit Tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten Situbondo yang menyatakan bahwa, perpindahan anggota DPRD ke alat kelengkapan DPRD lain, hanya dapat dilakukan setelah masa keanggotaannya paling singkat 2 tahun 5 bulan, berdasarkan usul fraksi, ”jelas Edy Wahyudi. (Syam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *