DPRD Situbondo Menyetujui Rancangan Perubahan Kebijakan Umum APBD dan Perubahan Prioritas Plapon Anggaran Sementara Tahun 202l

oleh -23 views

MutiaraIndoTV.com(SITUBONDO) DPRD Kabupaten Situbondo menyetujui dan menyepati rancangan perubahan kebijakan umum APBD dan Perubahan Prioritas Plapon Anggaran Sementara Pemerintah Kabupaten Situbondo, tahun anggaran 2021, meskipun ada beberapa catatan dari Fraksi PKB terkait masalah pelaksanaan Porprov yang akan dilaksanakan di Kabupaten Situbondo.

Ketua DPRD Kabupaten Situbondo, Edi Wahyudi Mengatakan Pembahasan KUA PPAS melalui forum paripurna, dan telah disepakati bersama seluruh fraksi menyetujui terhadap rancangan KUA PPAS PAPBD tahun anggaran 2021, meskipun ada beberapa catatan dari Fraksi PKB terkait pelaksanaan Porprov di kabupaten Situbondo, sementara itu juga ada empat Fraksi meminta supaya meninjau ulang terhadap anggaran kegiatan kegiatan yang sifatnya multi yes, tetapi pada prinsipnya seluruh Fraksi sudah menyetujui terhadap rancangan KUA PPAS, Nah ” Ini nanti akan ditindak lanjuti dengan pembahasan pembahasan di tingkat komisi komisi dengan OPD masing masing dilanjutkan dengan tanggapan terkait dengan draf PABD, sedangkan Paripurna PAPBD nya kita jadwalkan tanggal 27 September 2021, Ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Situbondo Hj. Khoironi mewakili Bupati, menyampaikan rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Tahun 2021, pada agenda rapat paripurna DPRD Kabupaten Situbondo, di Ruang Rapat utama DPRD Kabupaten Situbondo, Senin (20/09/2021).

Hadir dalam rapat sekaligus menjadi pimpinan rapat Ketua DPRD Kabupaten Situbondo, Edi Wahyudi. Wakil Bupati Situbondo, Hj. khoironi. Sekretaris Daerah, H. Syaifullah, Para pimpinan dan anggota DPRD Situbondo, serta jajaran eksekutif di Lingkungan Pemkab Situbondo.

Dalam penyampaian sambutannya, Wakil Bupati Hj. khoironi. mengatakan bahwa dalam rangka penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diperlukan Kebijakan Umum APBD dan PPAS yang disepakati bersama antara DPRD dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo.

Lebih lanjut dikatakan Pemerintah Daerah telah menyusun rancangan KUA PPAS Tahun Anggaran 2021 dan Perubahan Tahun 2021, dan diharapkan rancangan ini dapat dibahas bersama dengan DPRD sesuai dengan waktu dan jadwal yang telah ditetapkan oleh Badan Musyawarah DPRD yang nantinya akan menghasilkan kesepakatan sesuai dengan kebutuhan pembangunan untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Situbondo dan juga diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan dan tantangan dalam pelaksanaan pembangunan.

Dijelaskan lebih jauh oleh Wakil Bupati disebutkan bahwa menindak lanjuti surat edaran menteri keuangan nomor SE-2/PK/2021 Tentang penyesuaian penggunaan Anggaran Tranfer ke Daerah dan Dana Desa tahun anggaran 2021 untuk penanganan pandemi Corona Virus
Disease 2019, Pemkab Situbondo telah melakukan realokasi dan refocosing anggaran dan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp. 59.690.708.772 atau sebesar 8,01 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Menurutnya, Adapun anggaran Dana Alokasi Umum tersebut kita gunakan untuk penanganan covid 19 sebesar Rp. 25.827.804.976, Dukungan vaksinasi sebesar Rp.8.050.486.241, Dukungan pada Kelurahan dalam rangka penanganan covid 19 sebesar Rp. 279.894.363, Insentif tenaga kesehatan daerah dalam rangka penanganan covid 19 sebesar Rp. 17.833.398.137 dan untuk belanja kesehatan lainnya dan kegiatan prioritas yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar Rp. 7.699.125.055 Ungkapnya.

Lebih lanjut, Hj. Khoironi menjelaskan sebagai dampak dari Pandemi covid 19 menyebabkan Pemkab Situbondo menyesuaikan kembali beberapa kegiatan yang salah satunya adalah Infrastruktur yang sebelumnya telah direncanakan dan menjadi prioritas serta daya ungkit bagi peningkatan sektor perekonomian masyarakat. Menyikapinya hal tersebut guna mempercepat kegiatan infrastruktur sebagai upaya pemulihan ekonomi khususnya di kabupaten Situbondo, dilaksanakan dengan anternatif pembiayaan pinjaman daerah dari PT. Sarana Multi Insfrastruktur (SMI) dalam hal ini telah dilaksanakan penandatanganan ya, Terang Hj. Khoironi.

Adapun Tema Pembangunan Perubahan RKPD Tahun 2021 yaitu Mempercepat Pemulihan Ketahanan Ekonomi dan Kehidupan Masyarakat dengan Fokus di bidang kesehatan, pertanian, dan pariwisata berbasis sektor unggulan daerah, maka rumusan prioritas yaitu penguatan produktifitas ekonomi lokal pada sektor unggulan dan pariwisata berbasis koloboratif antar aktor dan sektor, Adapun program prioritasnya meliputi penguatan UMKM di tengah pandemi covid 19, penguatan produktifitas tanaman pangan melalui pengembangan BK 700 dan BK 900 dan Optimalisasi pariwisata unggulan, Terangnya.

Selain itu, Penyiapan Infrastruktur penunjang pusat pertumbuhan ekonomi baru yang terintegrasi dengan pembangunan pemerintah pusat dan provinsi, adapun program priotasnya meliputi penyiapan Readiness Criteria Kawasan selingkar ijen, dan optimalisasi pariwisata unggulan serta penguatan layanan kesehatan dan mekanisme distribusi bantuan sosial dalam rangka pemulihan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat dan juga inovasi tehnologi dalam rangka percepatan layanan publik, penyederhanaan perizinan dan manajemen pemerintahan, Jelas Hj. Khoironi.

Perubahan prioritas belanja daerah tahun 2021 mendasarkan pada perubahan RKPD Tahun 2021 yang diselaraskan dengan prioritas pembangunnan Provinsi dan Nasional. Guna mendorong pencapaian tujuan pembangunan, arah kebijakan pembangunan yang menjadi prioritas pembangunan tahun 2021 meliputi kemiskinan, peningkatan kemandirian daerah, peningkatan tata kelola pemerintahan yang bersih (clean government) dan baik (good government), peningkatan kualitas SDM yang berkompeten dan memiliki daya saing, peningkatan kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan, pengurangan kesenjangan wilayah, pemulihan kondisi sosial ekonomi masyarakat akibat Pandemi COVID-19.

Pembahasan KUA-PPAS APBD Kabupaten Situbondo tahun 2021 ini berlanjut dengan rapat badan anggaran, penyampaian laporan banggar hingga penandatanganan nota kesepakatan KUA-PPAS APBD Kabupaten Tahun Anggaran 2021(SR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.