Pendidikan dan Pelatihan Anggota Saja Bahari 'Srigala Samudera' Kabupaten Bekasi

Fenomena Anak Zaman Now, Narkoba dan Pramuka

Pendidikan dan Pelatihan Anggota Saja Bahari ‘Srigala Samudera’ Kabupaten Bekasi

 

Mutiara IndoTV, Kabupaten Bekasi – Jawa Barat. Satuan Karya Pramuka Bahari atau biasa disebut Saka Bahari merupakan wadah bagi Pramuka yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorentasi kebaharian termasuk laut dan perairan dalam.

Pembinaan Saka Bahari bekerjasama dengan pihak TNI AL, Profesional di bidang Olahraga Air, Departemen Pariwisata dan Departemen Kelautan. Umumnya Saka Bahari hanya berada di wilayah yang memiliki potensi di bidang Bahari.

Saka Bahari meliputi 4 krida, yaitu

  1. Krida Sumberdaya Bahari
  2. Krida Jasa Bahari
  3. Krida Wisata Bahari
  4. Krida Reksa Bahari

Tekait hal tersebut, Bertempat di SDN 04 Mekarsari Tambun Selatan, para pelajar SMA/ SMK/ dan SMP/ MTS perwakilan dari Kabupaten Bekasi, Bekasi Kota dan DKI Jakarta mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan Pramuka Saka Bahari. Pada Sabtu, (10/02/2018).

Acara pelatihan dan pendidikan Saka Bahari direncanakan selama 2 hari (10-11/02/2018) tersebut dimaksudkan untuk memberi pembekalan kepada semua anggota Pramuka Saka Bahari agar menyadari tanggung jawabnya sebagai tunas harapan Bangsa, meningkatkan ilmu, kecakapan dan kemampuannya untuk memanfaatkan dan melestarikan potensi bahari.

Selain itu juga untuk membina jiwa kebaharian warisan nenek moyang bangsa Indonesia, menjadikan laut sebagai alat pembinaan rasa persatuan dan kesatuan Bangsa, membina keberanian untuk menghadapi segala tantangan di laut demi kejayaan, Bangsa dan Negara.  

“ Saya sangat mengapresiasi semangat para pelajar ini dalam mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan Saka Pramuka Bahari kali ini,” ucapnya.

Selain itu peserta pelatihan dan pendidikan ke Saka Baharian para peserta mendapat pengetahuan tentang bahaya Narkoba.

Menurut Ketua Pimpinan Pramuka Satuan Karya Bahari Kabupaten Bekasi (Kapin Saka Bahari), Letnan Kolonel Laut Yanto Suryanto, SH. MH, penting bagi anak zaman now utamanya para pelajar untuk tidak membuang waktu senggangnya dengan kegiatan yang dapat merugikan diri-sendiri, orang lain dan lingkungan sekitarnya. Sebaiknya waktu senggang digunakan untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat.

“Kegiatan pendidikan dan pelatihan Saka Bahari ini dimaksudkan untuk dapat mengisi waktu senggang para pelajar ini. Selain itu untuk menambah pengetahuan tentang ke-Saka Baharian,” ucapnya ketika wawancara dengan Mutiaraindotv.com. Sabtu, (10/02/2017) malam.

Ketika ditanya fenomena tentang anak zaman now dengan semakin merajalelanya penyalahgunaan narkoba, Perwira yang bertugas di Dinas Hukum Angkatan Laut ini menjelaskan bahwa penggunaan obat atau zat psikotropika ini hanya untuk kepentingan kesehatan saja. Selain itu tidak boleh.

“Penggunaan obat atau zat psikotropika ini hanya untuk kepentingan kesehatan saja. Selain itu tidak boleh,” pungkasnya tegas. (Bam)

Check Also

Masa Akhir Jabatan Bupati Situbondo Torehkan Tinta Emas Dengan Membangun GOR Bung Karna

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Bupati Situbondo, Karna Suswandi torehkan tinta emas dengan dibuktikan saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *