Forum Komunikasi Antar Perangkat Desa Adakan Rapat Konsolidasi di Kantor Desa Tokelan

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Forum Komunikasi Antar Perangkat Desa (Faskad) menggelar rapat konsolidasi di Kantor Desa Tokelan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Kamis (24/11/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas DPMD, Sekdis DPMD, Kabid DPMD, Camat Panji, Kepala Desa se- Kecamatan Panji, Ketua Umum, Pembina, serta para perangkat desa.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Faskad, H. Moh Zaini, menjelaskan bahwa, tujuan mengadakan rapat konsolidasi ini dalam rangka untuk pembahasan berbagai agenda kerja dan tugas perangkat desa dalam membantu kepala desa menjalankan pemerintahan desa.

“Faskad ini dibentuk pada tahun 2013, tujuannya yaitu untuk membantu kepala desa menjalankan pemerintahan desa serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat untuk kesejahteraan bersama. Jadi, di Rapat Faskad ini kami berkumpul, sharing besama agar menemukan solusi permasalahan yang berkaitan dengan APBdes atau lainnya, Rapat Faskad ini kami agendakan setiap bulan dan Alhamdulillah berjalan sesuai dengan rencana,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DPMD Supriyatno mengatakan baru 13 hari menjabat sebagai Kadis DPMD dan Alhamdulillah diberi kepercayaan untuk hadir dalam acara rapat Faskad se- Kecamatan Panji.

“Dengan hadirnya kami disini bukan suatu kebetulan, tapi kami yang minta di undang melalui WhatsApp. Dan kebetulan tadi, kami ada hering dengan anggota Dewan Komisi 1 di DPRD sekalian kami bersama Sekdis, dan Kabid DPMD hadir dalam acara ini,” tuturnya

Kami berharap, dengan adanya Faskad ini tidak hanya di Kecamatan Panji saja yang bisa terbentuk , sambung Kadis DPMD. Tetapi, di Kecamatan – Kecamatan lain di Kabupaten Situbondo semuanya kalau bisa juga di bentuk Forum seperti ini.

“Faskad ini kan Forum Komunikasi Antar Perangkat Desa, tidak mungkin perangkat atau Sekdis melampaui kepala desanya. Dan jika Kepala Desa bisa bekerjasama yang baik dengan Sekretaris Desa dan juga perangkat desa dapat dipastikan harapan untuk membangun desa dan mensejahterakan masyarakat di desanya akan tercapai,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Camat Panji, Jaka juga mengatakan, terkait pembangunan desa pada tahun 2023, pihaknya sudah melakukan koordinasi dan komunikasi Kades se- Kecamatan Panji ini berkomitmen untuk penetapan APBdes di tahun 2022 sudah tepat waktu.

Selanjutnya, acara Faskad dilanjut dengan sesi tanya jawab antara Kepala Desa, Perangkat Desa dengan Kepala Dinas DPMD, Kadis DPMD, Kabid DPMD dan Camat Panji. (Sony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *