Gubernur Sumsel HD, Mengikuti Prosesi Penyerahan Tanah Dan Air Di Titik Nol IKN

Mutiaraindotv – Kalimantan Timur, Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru bersama seluruh Gubernur Provinsi di Indonesia mengikuti prosesi Penyerahan Tanah dan Air di titik  nol kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Senin, 14 Maret 2022.

Penyatuan Tanah dan Air yang dibawa dari  33 Provinsi  dari luar Provinsi Kalimantan Timur  tersebut, dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo  dengan lokasi persis  di titik nol atau IKN Nusantara. Yang tepatnya terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur tersebut.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumsel Herman Deru menyerahkan kendi berisikan 1 kilogram tanah dan 2 liter air, yang dibawanya langsung dari Bumi Sriwijaya dengan menggunakan  tempayan dan kendi ukuran kecil tersebut, diserahkan Herman Deru kepada Presiden RI Jokowi.

Selanjutnya, Air dan Tanah yang diserahkan Gubernur Sumsel, Herman Deru tersebut dimasukan Presiden Jokowi ke dalam tempayan ukuran besar yang ada dihadapannya bercampur dengan tanah dan air yang dibawa oleh para Gubernur se- Indonesia lainnya.

” Dimana sebelumnya, yang mendapatkan kesempatan pertama kali menyerahkan Air dan Tanah kepada Presiden adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan diakhiri oleh Gubernur Kalimantan Timur H. Isran Noor “.

Sementara itu, dalam sambutannya Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa untuk mewujudkan IKN, adalah sebuah cita-cita yang besar.

Acara kemudian ditutup dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama jajaran Menteri, para Gubernur, serta Lima Belas Tokoh Masyarakat. Pohon yang akan ditanam ini merupakan pohon khas dari (34) tiga puluh empat Provinsi se- Indonesia.

Untuk diketahui tanah yang dibawa oleh Gubernur Herman Deru ke ke titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara  diambil dari tanah Bumi Sriwijaya,  tepatnya di Bukit Siguntang Mahameru. Ini yang akan menjadi saksi Kejayaan Kerajaan Sriwijaya, ucapnya.

” Sedangkan Air sebanyak 2 liter yang juga dibawa serta ke IKN, Air yang bersumber dari Sungai Musi yang merupakan Muara dari Sembilan Sungai atau Sungai Batanghari Sembilan yang ada diwilayah Sumatera Selatan. Yang filosofinya, bahwa Sungai merupakan urat nadi masyarakat di Bumi Sriwijaya “, pungkas Gubernur Sumsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *