H. Najmuddin Sambut Baik Sosialisasi Yang Dilakukan Oleh PN-Prima Saat Minggon Kecamatan Tambun Utara

MutiaraindoTV, Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Muspika Tambun Utara menyelenggarakan Minggon Kecamatan sekaligus Sosialisasi tentang Kesehatan bersama PN-PRIMA (Pencerah Nusantara Puskesmas,Responsif, Inklusif Masyarakat Aktif Bermakna) yang dihadiri H. Najmuddin, S.Ag,, M.Ling selaku Camat Tambun Utara, Babinsa, Bimaspol, Kepala Desa, BPD serta petugas kesehatan dari Puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Tambun Utaraa, acara berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Tambun Utara. Rabu, 5 Juli 2023.

Acara diawali dengan penyampaian materi oleh perwakilan dari PN-Prima, “gambaran kami tentang kondisi dan isu terkini terkait akses dan partisipasi masyarakat pada layanan kesehatan primer di Kota Bandung, Kota Depok, dan Kabupaten Bekasi masih dihadapkan oleh persoalan kesehatan dan dinamika terkait kebiakan, akses, tata kelola, termasuk perilaku publik dan pemangku kepentingan. Kecamuk Covid-19 memberi pembelajaran penting bahwa respons kebiakan kesehatan di Indonesia masih terlalu berpusat pada rumah sakit dan tidak menempatkan layanan kesehatan primer sebagai fondasi sistem kesehatan nasional.

Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) telah menginisiasi intervensi bernama “Pencerah Nusantara”, untuk merevitalisasi pelayanan kesehatan primer dengan pendekatan yang holistik. Pencerah Nusantara juga memutar misi mendorong pelayanan kesehatan primer sebagai garda terdepan melawan pandemi.

Melalui PN Prima, CISDI kembali hadir mereplikasi inisiatif dan mengembangkan inovasi untuk membantu pemerintah membentuk kesiapsiagaan dan respon krisis kesehatan yang inklusif di komunitas melalui optimalisasi layanan kesehatan primer dan pemberdayaan masyarakat, inovasi digital dan model kesehatan berbasis komunitas.

PN-Prima bekerja bersama dengan 21 Puskesmas yang tersebar di Kota Depok, Kota Bandung dan Kabupaten Bekasi untuk mendorong perubahan, berikut Puskesmas yang bekerjasama dengan PN-Prima :

Kota Depok

  1. Puskesmas Cilodong.
  2. Puskesmas Cinere.
  3. Puskesmas Cipayung.
  4. Puskesmas Duren Seribu.
  5. Puskesmas Pancoran Mas.
  6. Puskesmas Sukatani.
  7. Puskesmas Tugu.

Kabupaten Bekasi

  1. Puskesmas Bahagia.
  2. Puskesmas Cikarang.
  3. Puskesmas Karangsatria.
  4. Puskesmas Mangunjaya.
  5. Puskesmas Mekarmukti.
  6. Puskesmas Sukamahi.
  7. Puskesmas Wanasari.

Kota Bandung

  1. Puskesmas Pasirkaliki.
  2. Puskesmas Kujangsari.
  3. Puskesmas Sukajadi.
  4. Puskesmas Garuda.
  5. Puskesmas Padasuka.
  6. Puskesmas Dago.
  7. Puskesmas Margahayu.

Center For Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CFISDI) adalah organisasi non profit yang mendorong penerapan kebajikan kesehatan berbasis bukti ilmiah untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya, setara dan sejahtera dengan paradikma sehat. CISDI melaksanakan advokasi, riset dan manajem progam untuk mewujudkan tata kelola, pembiayaan sumberdaya manusia, dan layanan kesehatan yang transparan l, Ade kuat dan merata. “Pungkasnya.

Di tempat terpisah Camat Tambun Utara H. Najmuddin saat di mintai keterangan mengatakan, “dengan adanya lembaga PN-Prima ini bagus dalam membantu program Pemerintah Desa dan masyarakat dalam hal kesehatan, apa itu stunting, gizi buruk, posyandu atau yang lainnya. Tadi juga sempet saya tanya ada sesuatu gak di balik itu semua, bayar gak, dan mereka bilang gak bayar, kita liat saja perjalanannya nanti seperti apa.

Lanjut Camat, untuk di kecamatan Tambun Utara sudah ada tiga desa yang tergabung di PN-Prima, karena ketiga desa itu di bawah naungan Puskesmas Karang Satria, yaitu :

  • Desa Jejalen Jaya.
  • Karang Satria.
  • Desa Satria Jaya.

Mereka akan sosialisasi ke tiga desa tersebut untuk pembinaan, penyuluhan atau mungkin pengobatan. “Pungkasnya.(Ali M)

Check Also

Ketua PWI Bekasi Hadiri FKP Pelayanan Administrasi Kependudukan

mutiaraindotv.com | KOTA BEKASI – PWI Bekasi menghadiri undangan Forum Konsultasi Publik (FKP) terkait Pelayanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *