Uncategorized

Habiskan 10 Milyar Gedung Imigrasi Klas III Lubuklinggau Belum Berfungsi, Ini Kata Staf Kantor Imigrasi Klas II Muara Enim

×

Habiskan 10 Milyar Gedung Imigrasi Klas III Lubuklinggau Belum Berfungsi, Ini Kata Staf Kantor Imigrasi Klas II Muara Enim

Sebarkan artikel ini

Mutiaraindotv – Kota Lubuklinggau, Tahun 2022 Perencanaan Pembangunan Gedung UKK (Unit Kerja Kantor) Imigrasi Kemenkumham Provinsi Sumsel, yang direncanakan akan dibangun di Kota Lubuklinggau Kantor Imigrasi Kelas III, yang dilakukan peninjauan oleh Yuli Prihantono yang didampingi Walikota Lubuklinggau SN Prana Sohe pada hari Jum’at, 17 Juni tahun 2022, didampingi Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kahlan Bahar, Kepala BPKAD, Zulfikar, Kaban Kesbangpol, Firdaus Abky, Kabag Pemerintahan, Ira Dwi Arianti, dan Kabag Prokopim, Ongki Pranata.

Dikutip dari ucapan Walikota bahwa
Pemkot Lubuklinggau telah menawarkan tiga lokasi untuk dijadikan tempat pembangunan kantor Imigrasi Kelas III dan Kantor PWRI Kota Lubuklinggau, yaitu :
  1. Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuklinggau Timur l dengan luas 50×50 M2. Di lahan tersebut akan dibangun perkantoran dengan ukuran 15×30 atau 20×30 M2 yang dilengkapi  empat kamar untuk mess,
  2. Jalan Sultan Mahmud Badarudin ll, Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Selatan ll dan
  3. Di Kompleks Perkantoran DPMPTSP, bekas Kantor DPRD Kota Lubuklinggau, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

” Kenapa saya mengajukan ditiga lokasi ini, karena pemilihan lokasi sudah melalui berbagai pertimbangan, salah satunya cukup dekat dengan akses Bandara Silampari, rumah makan dan akses lainnya seperti tempat parkir yang luas “, ungkapnya.

Keinginan seorang walikota dengan adanya kantor imigrasi kelas III ini, agar masyarakat tidak perlu lagi mengurus dokumen keimigrasian seperti paspor ke Kabupaten Muara Enim. Pasalnya, kini telah diresmikan Unit Kerja Kantor Imigrasi di Kota Lubuklinggau merupakan kepanjangan tangan dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim.

Layanan UKK ini awalnya sudah mulai beroperasional secara perdana melalui Launching Layanan Pasport di Kota Lubuklinggau oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya didampingi Walikota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe, bertempat di UKK Kota Lubuklinggau yang lokasinya berada di Lingkungan Perkantoran DPMPTSP Kota Lubuklinggau, pada hari Selasa (28/02/2023) tahun lalu.

Namun saat ini setelah berjalan hampir 1 tahun kepengurusan izin keimigrasian seperti paspor di UKK Kota Lubuklinggau berhenti dan kembali ke Muara Enim, padahal tenaga teknis dari pegawai ASN Kota Lubuklinggau akhirnya kembali seperti semula.

Kota Lubuklinggau peralatan nya masih numpang cetak Musi Rawas, selama ini sempat berjalan di kota Lubuklinggau ternyata semua alat Musi Rawas dibawa ke kota Lubuklinggau, namun saat ini alat cetaknya kembali ke Musi Rawas. Dan Musi Rawas saat ini masih berjalan sampai saat ini, sedangkan di Kota Lubuklinggau sudah fakum.

Yang menjadi tanda tanya, cerita yang tersebar bahwa pembangunan gedung Unit Kerja Kantor Keimigrasian seperti Paspor kelas III dibangun diwilayah Kabupaten Musi Rawas, akan kabar yang berhembus harga lahan tak sesuai dengan nilai Objek Pajak. Ada juga informasi yang diterima Tim Mutiaraindotv dilapangan, ini hasil lobby Walikota Lubuklinggau. Dan akhirnya pembangunan dilaksanakan di Kota Lubuklinggau. Ya bisa jadi keterlambatan peresmian kantor imigrasi kelas III di Kota Lubuklinggau, disebabkan alat mesin cetak untuk paspor belum ada sampai saat ini gedung tersebut belum diresmikan.

Padahal isu yang tersebar bahwa alokasi anggaran pembangunan gedung Imigrasi klas II yang berada dikota Lubuklinggau, sebenarnya diperuntukkan di Kabupaten Musi Rawas, dikarenakan yang mendapat rekomendasi izin dari Kementerian Imigrasi dan sampai saat ini kepengurusan paspor masih aktif. Inilah yang menjadi tanda tanya besar apakah karena ada hubungan antara Bupati dan Walikota, sehingga pembangunan bisa berpindah ke Kota Lubuklinggau……????.

Hasil konfirmasi Tim Mutiaraindotv ke UKK Imigrasi Klas II Muara Enim, salah satu staf kantor yang dihubungi melalui WhatsApp 08532019XXXX, tertanggal 26 Juni 2024, bahwa terkait gedung imigrasi kelas III di Kota Lubuklinggau masih ada permasalahan yang belum diselesaikan pak. Dan apa masalah sebenarnya terjadi nanti di info kan kembali ke Mutiaraindotv. (Tim MITV).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *