Hanya dua Pemda di Aceh, Pj. Bupati Bener Meriah Terima Penghargaan dari BPKP.

 

Banda Aceh:MutiaraindoTV.com- Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si terima Penghargaan Sistim Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level 3 dalam Empat Indikator dari Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Aceh (BPKP).

Penghargaan tersebut langsung diserahkan Pj. Gubernur Aceh diwakili oleh Pj. Sekretaris Sekda Aceh, Azwardi, AP, M.Si kepada Pemda Bener Meriah dan Pemko Banda Aceh dalam kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Pengawasan se-Aceh bertempat di Ballroom Hemes Palace Hotel Banda Aceh, Rabu (24/04/2024).

Disaksikan langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Irjen Pol. Drs. Tomsi Tohir, M.Si, Kabupaten Bener Meriah di daulat sebagai daerah terbaik dalam penerapan pengawasan Intern Pemerintah dalam 4 indikator, yaitu : Sistim Pengendalian intern Pemerintah, Aparat Pengawasan Pemerintah, Manajemen Resiko Indeks dan indeks efektifitas pengendalian korupsi, yang seluruhnya berada dalam Level 3.

Dalam arahannya, Irjen Kemendagri Tomsi Tohir menyampaikan bahwa Inspektorat sebagai pihak pengawas dalam pemerintahan harus berperan maksimal.

Sebagai tulang punggung pengawasan penyelenggaraan pemerintahan di daerah, APIP (Aparat Pengawas Intern Pemrintah) harus berpedoman pada aturan dan regulasi yang berlaku.

“Inspektorat atau APIP sebagai tulang punggung dan garda terdepan dalam pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah harus bekerja maksimal, karena kalau terjadi OTT atau penyimpangan, maka yang salah sebenarnya adalah pengawasnya”, ucap Irjen Tomsi Tohir pagi itu.

Lanjutnya lagi, “Dalam penyelenggaraan pemerintahan, APIP memang harus mengedepankan adat istiadat, kebiasaan dan budaya yang ada . Namun, dalam kewajibannya tetap harus berperan dengan norma dan nilai-nilai regulasi yang ada”, ujarnya.

Rakor Teknis Pengawasan yang di gelar dengan tema ” Sinergitas Pengawasan yang Inklusif untuk Mewujudkan Pembangunan Aceh yang Berkualitas” dibuka langsung oleh Pj. Sekda Aceh, Azwardi, meskipun sebelumnya sempat dihadiri oleh Pj. Gubernur Aceh di lokasi tersebut.

Usai terima piagam penghargaan Pj. Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si turut mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh jajaran OPD yang telah mendukung penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bener Meriah.

“Hari ini ada 4 prestasi untuk Bener Meriah diberikan penghargaan oleh Perwakilan BPKP Aceh. Ini bisa kita capai tentu berkat dukungan dan kolaborasi kita semua. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Forkopimda dan jajaran Pemda, khususnya kepada Inspektorat Kabupaten Bener Meriah”, ucap Haili Yoga.

Selain melibatkan pejabat dari Kemendagri dan KPK-RI, dalam acara yang di inisiasi oleh Inspektorat Aceh itu juga tampak hadir oleh seluruh bupati dan Walikota se-Aceh, Inspektur Kab/kota Se- Aceh, Kepala DJKN Provinsi Aceh dan Kepala KPKNL Banda Aceh. (Tim ProkopimBM).

Check Also

Bupati Situbondo Menyerahkan Honor Insentif Kader Posyandu Balita Dan Lansia

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Penyerahan Honor Insentif Kader Posyandu Balita dan Lansia bertempat di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *