Berita TerbaruRagam & Peristiwa

Hari Kedua Baksos Operasi Mata Katarak di Situbondo Berjalan Lancar, 125 Pasien Kembali Mendapat Penglihatan Jelas

×

Hari Kedua Baksos Operasi Mata Katarak di Situbondo Berjalan Lancar, 125 Pasien Kembali Mendapat Penglihatan Jelas

Sebarkan artikel ini

Mutiaraindotv.com, SITUNONDO, JAWA TIMUR – Pada hari kedua Bakti Sosial (Baksos) Operasi Mata Katarak di Kabupaten Situbondo, sebanyak 125 pasien telah mendapatkan manfaat dari operasi ini. Operasi terbagi menjadi dua lokasi, yaitu di Gedung Olahraga (GOR) Baluran dan di Rumah Sakit dr.Abdoer Rahem (RSAR) Situbondo, Rabu (3/7/2024)

Kegiatan baksos ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam menanggulangi permasalahan katarak di wilayahnya. Bekerjasama dengan John Fawcett Foundation (JFF), target operasi katarak gratis di Situbondo mencapai 2.000 orang selama lima hari, mulai tanggal 2 hingga 6 Juli 2024.

Dengan diselenggarakannya Baksos Operasi Mata Katarak ini, diharapkan dapat membantu masyarakat Situbondo yang memiliki gangguan penglihatan akibat katarak untuk kembali mendapatkan penglihatan yang jelas dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Menurut Ketua Yayasan JFF Gede Pingin menjelaskan, Operasi katarak dengan peralatan lengkap ini bertujuan untuk menghapus lensa mata yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan yang bening (lensa intraokular – IOL). Lensa mata yang keruh ini menyebabkan penglihatan kabur dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

“Selain memulihkan penglihatan, operasi katarak juga memiliki beberapa manfaat lain, di antaranya: Mencegah cedera akibat penglihatan yang buruk. Meningkatkan kualitas hidup. Meningkatkan kesehatan mental dan mencegah demensia,” ucapnya. (Sony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *