Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Kabupaten Pulau Morotai, Melakukan Aksi Unjukrasa Didepan Mapolres

Mutiara IndoTV, Kabupaten Kepulau Morotai – Maluku Utara. Puluhan massa aksi yang mengatasnamakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pulau Morotai, telah melakukan aksi unjukrasa di depan Mapolres Kabupaten Pulau Morotai. Selasa, (24/04/2018) sekitar pukul 11.40 WIT.

Korlap aksi Asri Jafar dalam pernyataan sikapnya, mengungkapkan mendesak kepada Kapolda Provinsi Maluku Utara. Agar segera bebaskan Hasby Yusuf  karena komentar, dalam sosmed (Twitter) pada Agustus 2017 tidak memenuhi unsur ujaran kebencian.

Menegaskan kepada penyidik Polda, bahwa sanggahan pasal 45A ayat 2 Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang lnformasi dan Transaksi Elektronik, Jo pasal 310 KUIW pencemaran nama baik/perbuatan tidak menyenangkan.

Bertentangan dengan hak konstitusional warga negara sebagaimana diatur dalam pasal 28c ayat 3 Undang – Undang Dasar 1945, Jo pasal 23 ayat 2 Undang – Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang HAM.

“Mendesak kepada Kapolri di Jakarta agar segera mencopot Kapolda Provinsi Maluku Utara,  karena dinilai melakukan kriminalisasi kemerdekaan berpikir, berpendapat sebagai manusia,” koar koarnya.

Selain itu HMI Kabupaten Pulau Morotai sangat menyesalkan tindakan penyidik Polda Provinsi Maluku Utara, dalam penetapan Hasby Yusuf sebagai tersangka. Dalam dugaan ujaran kebencian melalui medsos (Twiter), ini telah melanggar Undang – Undang Dasar 1945 dan konstitusi HAM dalam menyampaikan pendapat.

“Penetapan Hasby yusuf sebagai tersangka oleh penyidik Polda Provinsi Malaku Utara, menurut kajian kami telah mencederai HAM”, ucapnya.

Bahkan kami mengharapkan agar Hasby Yusuf harus dibebaskan, sehingga proses pelaksanaan Pilgub di Provinsi Maluku Utara Tahun 2018 dan Pilpres Tahun 2019 bisa berjalan dengan aman.

“Jika tidak dibebaskan, maka HMI masih akan terus melakukan aksi unras dengan melakukan konsolidasi berbagai OKP yang ada”, jelasnya.

Sesuai dengan hasil yang kami sampaikan terkait dengan aksi yang baru saja dilaksanakan, masih akan dievaluasi lebih lanjut.

“HMI masih mengikuti perkembangan kasus ini, dan dalam waktu dekat HMI akan melakukan konsolidasi besar – besaran di Kabupaten Pulau Morotai”, ucap Asri.

Setelah selesai melakukan orasi, massa aksi langsung membubarkan diri secara tertib dan aman, dengan dikawal oleh pihak keamanan Polres Kabupaten Pulau Morotai. (Oje)

Check Also

Dugaan Pelanggaran Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilukada Serentak 2024

MutiaraIndoTV.com( Bekasi)- Pemilihan Umum Kepala Daerah, Gubernur/ Wakil Gubernur, Bupati / Wakil Bupati dan Walikota/ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *