BerandaBerita TerbaruIjen Geopark Bondowoso Lolos Masuk Unesco Global Geopark

Ijen Geopark Bondowoso Lolos Masuk Unesco Global Geopark

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR – Setelah melalui serangkaian tahapan, ahirnya assesor memutuskan Ijen Geopark masuk Unesco Global Geopark (UGG). Keputusan tersebut ditetapkan dalam sidang Council yang digelar di Provinsi Satun, Thailand pada 5 September 2022 lalu.

Ketua Harian Tim Ijen Geopark Bondowoso, Ahmad Sofyan mengatakan, kekompakan Tim dari Bondowoso dan Banyuwangi mempunyai andil besar dalam proses yang sangat ketat ini.

“Kita wajib bersyukur, karena Ijen Geopark berhasil masuk UGG hanya dalam sekali sidang. Padahal, untuk bisa masuk UGG tidak semudah membalik telapak tangan,” kata Sofyan, sapaannya rabu 21/9.

Sidang Counsil tersebut, lanjutnya, dihadiri oleh 20 Negara anggota UGG dan 73 Assessor. Hasil pengumpulan data dan penilaian dilapangan dari assessor Martina dan Jakob yang bertugas di Ijen Geopark bulan Juni kemarin memenuhi standar yang ditetapkan UGG.

Ditambahkan, pada bulan Maret 2023 nanti, Ijen Geopark resmi masuk UGG. Dari Indonesia ada dua kandidat yang didaftarkan masuk UGG. Yaitu Bondowoso Jawa Timur dan Maros Pangkeb.

Kedua lokasi ini akan diresmikan pada bulan Maret 2023 sebagai anggota UGG. Masuknya Ijen Geopark ke UGG sangat menguntungkan Indonesia dan Bondowoso. Karena dunia internasional akan memasukkannya dalam daftar tarvelling para traveller dunia.

Diberitakan sebelumnya, Badan Geologi memantau langsung persiapan penilaian Ijen Geopark menuju UNESCO Global Geopark (UGG). Pemantauan ini dilakukan untuk melihat kesiapan menyambut Tim Asesor UNESCO akan melakukan penilaian pada 9 hingga 13 Juni 2022 mendatang.

Peneliti utama Badan Geologi, Dr Antonius Ratdamopurbo mengatakan, berdasarkan rekomendasi Internasional Union of Geological Scienses (IUGS) untuk Ijen Geopark, ada beberapa hal terkait nilai geologi yang perlu diperjelas dan diperkuat nilai internasionalnya.

Oleh sebab itu lah, sejak tanggal 13-18 Mei Badan Geologi didampingi tim Bappeda Provinsi Jatim terjun langsung untuk membantu memperjelas keunikan nilai geologi dari Ijen Geopark. (Sam/Zen)

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BERITA POPULER