Indek Kemiskinan Bondowoso Meningkat 14,73 Persen

Mutiaraindotv.com, Bondowoso – Indek angka kemiskinan warga Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur tahun 2021 naik menjadi 115.175 orang. Bahkan, presentase penduduk miskin di Bondowoso tahun lalu naik menjadi 14,73 persen. Meningkat jika dibandingkan dengan 2020 lalu, yakni 14,17 persen.

Berdasarkan data yang dikutip dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bondowoso menyebutkan, selama tiga tahun terakhir jumlah warga miskin Bondowoso meningkat.

Sedangkan pada 2019, angka kemiskinan masih 103.330 orang. Jumlah itu naik cukup pesat pada tahun pertama pandemi menjadi 110.240 orang. Lalu, kembali naik pada 2021 di angka 115.175 orang.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos PPA KB) Bondowoso Anisatul Hamidah menerangkan, bahwa, meningkatnya angka kemiskinan dilandasi beberapa faktor.

“ Penyebab kemiskinan bertambah ada beberapa faktor yakni akibat pandemi. Selain itu, perlu kajian dan analisis lebih dalam mengapa kemiskinan semakin meningkat, ”ungkapnya, Senin (13/6/2022).

Alasan tersebut bahwa pihaknya harus melakoni kajian lebih mendalam bersama lintas sektor untuk mencari apa saja faktor penyebabnya dan bagaimana solusinya.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat mengungkapkan, bahwa masa pandemi beberapa tahun yang lalu berdampak dari segala sektor.

“ Pandemi ekstrem ini memang membuat kemiskinan meningkat, ”sebutnya.

Dilanjutkan dengan angka pengangguran di Bondowoso tahun 2021 lalu pun naik, sehingga otomatis angka pengangguran naik sehingga menjadi memuai kerap sekali masyarakat Bondowoso melancong mencari pekerjaan keluar negeri dan saat pandemi hingga kerap para TKI kembali lagi ke indonesia

“ Setelah kami cek, itu juga bisa menambah angka pengangguran dan kemiskinan, “ujarnya.

Sementara pemkab Bondowoso selaku pemangku kebijakan akan berupaya memangkas angka kemiskinan pengangguran dengan berbagai terobosan untuk menekan angka kemiskinan. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *