Ini Klarifikasi Perangkat Desa Kertarahayu Soal PTSL

oleh -134 views

Dahlan, Ketua Rt 02/03

 

MutiaraIndoTV.com ( Bekasi )-Dugaan pungli pembuatan sertifikat melalui PTSL  yang  dilakukan oknum perangkat Desa Kertarahayu ternyata salah pengertian. Dana itu ternyata untuk membantu kelengkapan dokumen lainnya, antara lain pembayaran PBB.

Dahlan, oknum perangkat desa Kertarahayu yang disebut sebut telah melakukan pungli adalah Ketua RT 02/03 di Desa Kertarahayu.

Menurut Dahlan, uang sebesar Rp 3 juta bukan untuk pembuatan sertifikat PTSL, melainkan untuk mengurus dokumen persyaratan lainnya, antara lain untuk membayar SPPT ( Surat Pemberitahuan Pajak Tanah ).

” Jadi ini salah pengertian, uang Rp 3 juta rupiah tersebut untuk mengurus dokumen dan membayar SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Tanah , bukan pembuatan sertifikat PTSL,” Kata Dahlan.

Dahlan menampik jika dikatakan melakukan pungli. Pasalnya, jauh hari sebelum pelaksanaan PTSL ,dirinya di wanti wanti oleh Kepala Desa untuk membantu wargaya dan tidak memungut dana apapun selain yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

” Kepala Desa menginstruksikan supaya membantu warga, salah satunya yaitu membantu melengkapi persyaratan untuk PTSL, seperti melunasi PBB dan surat lainya,” ujarnya.

Dahlan sendiri mengaku kaget karena dikatakan telah melakukan pungli PTSL. Untuk itu, dirinya telah melaporkan hal ini ke atasanya yaitu Kepala Desa Kertarahayu untuk menyelesaikan kesalahpahaman tersebut.

“Sampai saat ini pun uangnya masih ada, bilamana uang ini dipinta tentunya akan saya dikembalikan,”terang Dahlan.

Kades Kertarahayu, Rudi Catur Pribadi

Sementara ditempat berbeda Kepala Desa Kertarahayu, Rudi Catur Pribadi  menjelaskan, untuk program PTSL, pemerintah desa melakukan pengawasan agar program PTSL ini dapat berjalan sebagaimana mestinya. Namun begitu, selaku Kades , dirinya juga menghimbau bawahanya agar membantu warga sesuai dengan aturan program PTSL.

“Bilamana ada perangkat Desa yang melakukan pungli atas program PTSL ini akan saya tindak tegas, bila perlu saya cabut SK,”tegas Rudi.

Rudi Catur Pribadi, berharap program PTSL di Desanya berjalan dengan baik dan sesuai ketentuan program PTSL.

“Bilamana ada keluhan atau pun saran dari warga Desa Kertarahayu, warga dapat langsung menghubungi saya dan perangkat Desa yang lainnya, hal ini agar program PTSL berjalan kondusif dan lancar,” Kata Kades Rudi Catur Pribadi. (Dwi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.