Ini Kriteria Calon Pemimpin Situbondo Menurut LSM Siti Jenar

 

 

Ketum LSM SITI JENAR, Eko Febriyanto

Mutiaraindotv (Situbondo) – Jawa Timur – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) serentak 2020, tinggal beberapa bulan lagi. Saat ini, para Bakal Calon sudah sibuk dengan mencari pintu dukungan partai politik dan para Tokoh Masyarakat ( Tomas ) dan Tokoh Agama ( Toga ), Kabupaten Situbondo.

Meski pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Situbondo akan berlangsung pada bulan September mendatang ( 23 September 2020 ), namun Hingar Bingar soal sosok yang bakal maju sebagai kontestan Pilkada sudah sampai ke pelosok desa.

Selain itu, obrolan terkait pilkada dalam tataran lapisan bawah juga dirasa sangat Intensif terjadi di tempat berkumpulnya warga seperti warung kopi, pangkalan, terminal pasar dan lain-lain akibat ditariknya kelompok masyarakat ke dalam tim pemenangan Pasangan Calon ( Paslon ).

Sebagian warga menyebutkan Kriteria Calon yang didambakan dalam Pilkada Situbondo. Tak terkecuali pula Seperti yang diungkapkan pada Wartawan Mutiaraindotv, yaitu Ketua Umum ( Ketum ) LSM SITI JENAR) Eko Febrianto, putra kelahiran wilayah ujung barat Kabupaten Situbondo ( Besuki ) yang saat ini berdomisili di Kecamatan Panji.

Selanjutnya Eko Febrianto mengingatkan “masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan guna fokus pada pembangunan manusia dan ekonomi masyarakat serta Pendapat Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Situbondo ini,” ucapnya.

“Ia juga meminta para Calon Bupati ( Cabup ) dan Calon Wakil Bupati ( Cawabup ) Situbondo nantinya dapat merumuskan pola kebijakan ekonomi berasas kerakyatan. Termasuk berusaha mengembalikan perekonomian serta pemerataan dan pemberdayaan masyarakat desa dan kota serta pemerataan pembangunan dan tidak mempersulit Investor masuk ke Situbondo karena rumitnya perijinan untuk masuk ke wilayah Situbondo. Masyarakat menaruh harapan besar untuk para Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih nanti,” ujarnya.

Pihaknya sangat mendambakan pemimpin yang bertanggung jawab atas rakyatnya dan daerah yang menjadi wilayah kerjanya bukan malahan hanya mementingkan golongan dan komunitasnya saja.

“Sekedar diketahui kepemimpinan itu dibangun oleh Empat ( 4 ) Pilar, yaitu Integritas, Kapabilitas, Otoritas dan Karitas. Pemimpin dengan Empat ( 4 ) Pilar kokoh tersebut diharapkan memberi hasil Optimal untuk menjalankan sebuah pemerintahan,” Imbuh Eko Febrianto.

“Kami menginginkan pemimpin yang bijaksana, jujur, tidak pilih kasih dan memperhatikan nasib rakyat kecil bukan hanya memprioritaskan golongan tertentu saja. Juga bisa membangun membawa perubahan. Pemimpin yang mau turun ke lapangan melihat situasi masyarakat yang dipimpinnya bukan hanya duduk manis menerima laporan di balik meja saja,” jelas dia.

Sebagai perwakilan dan corong masyarakat biasa ( Rakyat Kecil ) dirinya mengharapkan masyarakat Kabupaten Situbondo dapat memilih pemimpin dengan berpikir sebaik-baiknya. Pilih berdasarkan Hati Nurani, bukan bergantung pada politik uang dan janji-janji palsu. Masyarakat Situbondo pada umumnya saya kira sudah cerdas dalam memilih siapa pemimpin yang baik dan Inovatif serta mana pemimpin yang hanya bisa membual dan anti kritik.

“Saya kira suara tidak perlu dibeli, sebab memberikan hak suara akan berguna untuk masa depan, dan masyarakat Situbondo saya kira sadar akan hal itu” tutupnya. ( Irwan )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *