Inovasi Santri Mapenaling Permudah WBP Terima Informasi

MutiaraindoTV, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur. Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Situbondo meluncurkan inovasi sistem informasi keluarga lewat YouTube (Santri Mapenaling), yang disajikan dalam bentuk percakapan langsung melalui aplikasi channel YouTube antara petugas dan keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Aplikasi pelayanan publik ini bertujuan mempercepat dan mempermudah keluarga dan petugas dalam menyampaikan informasi.

Apalagi di masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang masih terus berlanjut, sangat sulit bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk bertatap muka secara langsung dengan keluarganya. Lewat inovasi tersebut, WBP bisa mendapat informasi lebih cepat.

Hal ini terbukti pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berinisial RL dan HT. Saat sanak keluarga mereka saat sedang sakit, informasi tersebut mereka dapatkan melalui YouTube Live Streaming Santri Mapenaling. Setelah menerima kabar yang disampaikan keluarga, petugas pelayanan publik segera memanggil RL dan HT untuk melakukan percakapan dengan keluarganya untuk menggantikan hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tidak dapat terpenuhi, yaitu Izin Luar Biasa.

“Selama Pandemi Covid-19 belum berakhir, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tidak dapat keluar Rutan untuk mengunjungi keluarganya yang sakit demi melindungi dan mencegah mereka dari penularan Virus Covid-19,” ujar

Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Situbondo, Tomi Elyus, Amd.IP., S. Sos., S.H., M.Si saat diwawancarai Wartawan Media MutiaraindoTV melalui Anggota Polsuspas Rutan, Dedi Waluyo penggagas aplikasi channel YouTube Santri Mapenaling. Selasa, 15 Juni 2021.

Dedi Waluyo Anggota Polsuspas Rutan Klas IIB Situbondo penggagas aplikasi channel YouTube Santri Mapenaling.

Lebih lanjut dijelaskan Dedi Waluyo, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di dalam rumah tahanan negara (Rutan) Situbondo tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

” Jadi warga binaan pemasyarakatan Rutan Situbondo selalu menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 dan tidak benar apabila beredar di Medsos abaikan Protokol Kesehatan (Prokes), “jelasnya.

Ditambahkan dia, Semua para keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di rumah/luar maupun masyarakat Situbondo dan juga dari luar Kabupaten untuk mengetahui keberadaan anggota keluarganya di dalam Rutan, serta para YouTuber agar membuka aplikasi play store channel YouTube Santri Mapenaling serta jangan lupa Disubscribe.

” Untuk mempermudah keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di luar dan untuk mengetahui keberadaan anggota keluarganya di dalam Rutan Situbondo, tinggal membuka aplikasi play store channel YouTube Santri Mapenaling di https://youtu.be/_IXQbE3qH7o secara live streaming serta jangan lupa Disubscribe. “Ujarnya.

Dedi Waluyo menegaskan dalam membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, pihaknya terus memberikan pelayanan prima kepada WBP, keluarga WBP, serta masyarakat.

“Untuk menggantikan hak – hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tidak dapat terpenuhi karena masa Pandemi Covid-19, kami membuat terobosan baru dengan menyediakan aplikasi YouTube Santri Mapenaling untuk mempermudah penyampaian informasi dan layanan percakapan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar tetap berkomunikasi juga dapat bertatap muka dengan keluarganya. ”Pungkasnya. (Team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *