Ir. Zahir : Pemerintah Sudah Siapkan Lapangan Kerja, Melalui Agen E Warung Di Tahun 2019

MutiaraindoTV, Kabupaten Batubara – Sumatera Utara. Bupati Batubara Ir. Zahir M.Ap menggelar temu ramah dengan pengelola E Warung pada program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di aula Bayangkari Wira Satya Polres Batubara. Senin, 07 Januari 2019.

Dalam temu ramah tersebut, Bupati berpesan kepada Penzua E Warung, agar dapat mendistribusikan bantuan program pemerintah dengan aman, tertib dan terkendali.

Dalam pidatonya, Bupati Batubara Ir. Zahir menjelaskan, bahwa lahirnya E Warung ini tidak lain adalah karena adanya program pemerintah mengenai bantuan sosial dengan cara non tunai. Dengan program itu. Tentu ada mekanisme dalam penyalurannya, jadi agen – agen ini adalah kaki tangannya pemerintah dalam menyalurkan bantuan itu.

“Kepada agen E Warung diharapkan dapat menyalurkan bantuan pemerintah dengan aman dan tertib, sehingga semua Bantuan itu dapat disalurkan dengan tertib, ”ujar Zahir.

Kemudian, Zahir juga menjelaskan, bahwa Anggaran Tahun 2019, pemerintah telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, dengan menjadi agen E Warung, masyarakat mendapat keuntungan fee dari beras yang disalurkan oleh pemerintah.

Pada kesempatan itu Zahir juga mengharapkan antara Pemerintah, TNI dan Polri agar dapat bersinergi dalam mengawal agenda besar yaitu pilpres dan pemilihan anggota legislatif pada April 2019 mendatang. Dengan sinergitas itu, diharapkan dapat menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Batubara.

“Di Polres ada Babinkamtibmas, sedang TNI punya Babinsa, dua instansi ini dapat membantu dan menjaga keamanan dalam menciptakan kondusifitas didaerah Batubara, ”ungkap Zahir.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Batubara Drs. Bahrumsyah menjelaskan, rekruitmen Agen E Warung dibentuk dari masyarakat di Desa setempat untuk menjadi agen dengan aturan dan mekanisme yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Selanjutnya, agen – agen itu kemudian dibekali pengetahuan untuk menggunakan mesin edisi yang telah disiapkan oleh bank mandiri. Dengan mesin edisi itu, para agen kemudian menyalurkan bantuan itu dengan sistem elektronik. Jumlah agen E Warung Di Kabupaten Batubara, “ujarnya.

Berjumlah 161 agen, sedangkan kelompok penerima manfaat (KPM) berkisar lebih kurang 25 ribu KPM. Dari jumlah itu, rencananya pemerintah ditahun 2019, akan menambah lagi alokasi KPM-nya sekitar 5000 KPM lagi.

Selanjutnya, Bahrumsyah juga mengharapkan kepada agen – agen E Warung agar dapat membentuk koperasi untuk menjadi distributor dalam penyaluran BPNT, dengan koperasi itu, para agen E Warung akan mendapatkan keuntungan dari usaha yang dijalankan.

Sebelumnya, Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang menjelaskan dalam penyaluran BPNT, anggota unit polres Batubara siap membantu dalam mengkawal penyaluran BPNT.

“Kita telah siapkan Babinkamtibmas dan Personil Babinsa dalam membantu mulai dari pendataan sampai dengan pendistribusian, dengan dampingan itu diharapkan dalam penyaluran BPNT dapat berjalan aman tertib dan terkendali. ”Ungkapnya.

Turut hadir dalam acara temuramah itu diantaranya, Bupati Batubara Ir. Zahir, Kadis Sosial Drs. Bahrumsyah, Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang, Ketua DPRD Batubara Selamat Arifin SE, Kepala Bank Mandiri Siantar, dan Pengusaha muda OK Faizal Raihan. (Alaiaro Nduru)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *