Irwan Sugara Apresiasi Rencana Koperasi Lestari Mandiri Cicurug 

Pengurus Terpilih Bersama Dewan Pengawas
Pengurus Terpilih Bersama Dewan Pengawas

MutiaraindoTV, Kabupaten Sukabumi – Jawa Barat. Irwan Sugara pelaksanaan Bidang Koperasi UKM DPKUM pada Dinas Koperasi Kabupaten Sukabumi, selepas mengikuti RAT Koperasi Lestari Mandiri Cicurug mengatakan. Dari segi pengawasan bidang koperasi ada 3 seksi, yakni :

  1. Seksi Bina Usaha.
  2. Seksi Pengawasan.
  3. Seksi Bina Lembaga Koperasi.

Dengan Koperasi Lestari Mandiri lanjut Irwan sering komunikasi baik dengan pembinanya, maupun  pengawasnya kaitan dengan perkembangan koperasi. Dia mengapresiasi rencana koperasi ini untuk mengelompokkan dalam wadah koperasi, sehingga nantinya akan diketahui kebutuhan UKM bahkan akan lebih kompak.

“Ibarat satu lidi tidak ada kekuatan tapi ketika diikat menjadi satu pasti akan kuat, makanya saya mengapresiasi kerja keras Koperasi Lestari Mandiri ini yang mengikat seluruh pelaku UMKM dalam wadah koperasi ini.” Tutur Irwan Sugara. Senin, 3 Februari 2019.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) selama satu Tahun tergolong baik dan berjalan sesuai aturan, dan Perundang – Undangan Koperasi. Menurutnya Koperasi yang tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sesuai ketentuan menentukan operasi tersebut, tidak sehat dan sangat mungkin bisa dibubarkan.

Bila anggota tidak aktif harus diberi motivasi, dilakukan pelatihan agar jiwa koperasinya tetap melekat. Apalagi di Kecamatan Cicurug UMKM cukup banyak, dan lagi jenis usahanya sangat komplek.

Irwan Sugara Dan Purnama Giri

“UMKM seperti kerajinan, makanan, olahan susu, anyaman, boneka mungkin semuanya ada di Koperasi Lestari Mandiri. Makanya saya mengapresiasi kegiatan yang dilakukannya apalagi setiap tahun digelar Rapat Anggota Tahunan (RAT), ” imbuh Irwan Sugara.

Sementara itu Pengawas Koperasi Lestari Mandiri, Cacas Suwarna dari CSR PT. Aqua Golden Mississippi mendukung penuh koperasi yang telah dibantu permodalan perusahaannya, selanjutnya perusahaan akan melihat kinerja Koperasi kedepannya.

Apalagi kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan UMKM di Kecamatan  Cicurug jumlahnya cukup signifikan, dia berharap pengurus baru selain mampu membawa koperasi ini lebih baik juga menjadi contoh Koperasi lain.

Disisi lain Cacas mengatakan sejauh ini Koperasi Lestari Mandiri, masih menyisakan pekerjaan tunggakan anggota yang hingga kini sulit ditagih. Cacas berharap tugas tersebut dapat diselesaikan pengurus baru, agar koperasi ini kedepannya bisa membantu anggota aktif yang memerlukan bantuan dana bergulir.

“Saya dan pengawas lain akan terus mendorong koperasi ini lebih maju dan lebih baik dalam segala hal, sebab dengan anggota UMKM Cicurug yang begitu banyak koperasi. Ini akan menjadi Lembaga Keuangan, guna membantu menumbuh kembangkan usaha mereka. “Tandas Cacas Suwarna. (Wahid/Wiwin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *