Jajaran Rutan Kelas llB Situbondo Laksanakan Penggeledahan Rutin Kamar Blok WBP

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR-Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Situbondo Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melaksanakan Razia atau Penggeledahan rutin pada blok dan kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP),Senin (13/05/2024)

Kegiatan ini dipimpin oleh Ka KPR Rutan Kelas IIB Situbondo dan diikuti oleh Kasubsie Pelayanan Tahanan bersama Kasubsie pengelola  serta jajaran Staf Rutan Situbondo .

“Razia atau penggeledahan rutin ini dilakukan dalam rangka untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta bagian dari upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkotika (P4GN) di area Rutan,” ucapnya.

Razia diawali dengan apel serta arahan dari Ka KPR Rutan Situbondo , Dedy kepada seluruh personel yang mengikuti razia.

“Razia ini sudah merupakan kegiatan rutin untuk mensterilkan barang-barang terlarang yang dapat mengganggu Keamanan dan Ketertiban di Rutan Situbondo yang mana tujuannya untuk mencegah atau meminimalisir masuknya barang-barang terlarang ke dalam Lapas, seperti handphone, narkoba, senjata tajam dan lain-lain,” ujarnya.

Selanjutnya Ka KPR mengatakan bahwa barang bukti hasil razia tersebut nantinya akan diinventarisir dan dicatatkan dalam berita acara serah terima hasil penggeledahan.

“Barang bukti hasil penggeledahan dalam razia ini selanjutnya diamankan untuk dimusnahkan,” ungkapnya

Setelah selesai melaksanakan penggeledahan rutin kemudian WBP dikumpulkan untuk diberikan pengarahan agar menaati dan tidak melanggar peraturan yang ada di Rutan Situbondo.

“Peraturan tersebut salah satunya adalah dengan tidak menyelundupkan atau memasukkan barang apa saja yang dilarang di Rutan Situbondo Kepada Warga Binaan agar selalu menaati aturan yang telah ditentukan agar terciptanya Rutan Situbondo yang aman dan tertib,” sambungnya.

Selesai kegiatan Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo mengatakan “Semua warga binaan diharapkan tetap menjaga keamanan dan kondusifitas yang ada di rutan situbondo dan ikut mendukung dan mampu bekerjasama dengan baik untuk memperlancar proses penggeledaha.

“Kami tegaskan operasi penggeledahan ini tetap dijadikan agenda rutin Rutan Situbondo ,” pungkasnya.

Kegiatan Penggeledahan rutin ini  telah dilaporkan kepada kepala kanwil kemenkumham jawa timur kakanwil sangat mendukung kegiatan ini “Deteksi dini harus dilakukan agar sebelum terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan semua dapat di hilangkan atau di minimalisir ” kata Heni Yuwono. (Sony)

 

(Humas Rutan Situbondo)

Check Also

Sambut HUT Kodam III/Siliwangi, Kodim 0619/Purwakarta Gelar Bhakti Sosial Donor Darah

MutiaraindoTV, Kabupaten Purwakarta – Jawa Barat. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam III/Siliwangi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *