Berita TerbaruNusantara

Kabid PPKL DLH Kabupaten Bekasi Hadiri Acara Penanaman Pohon Bersama PT. Fajar Surya Wisesa Tbk Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

×

Kabid PPKL DLH Kabupaten Bekasi Hadiri Acara Penanaman Pohon Bersama PT. Fajar Surya Wisesa Tbk Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

Sebarkan artikel ini

MutiaraindoTV, Kabupaten Bekasi – Jawa Barat. PT. Fajar Surya Wisesa Tbk (Fajar Paper), produsen kertas kemasan terkemuka yang merupakan anggota dari SCGP di Indonesia, melaksanakan kegiatan penanaman pohon di area perusahaan bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi pada 26 Juni 2024, kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan manajemen dan karyawan Fajar Paper, serta perwakilan dari DLH Kabupaten Bekasi yaitu Kepala Bidang PPKL, didampingi oleh tim. Inisiatif ini menjadi bukti nyata kepedulian Fajar Paper untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup dalam pelestarian alam

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKL), Duarte DJ Fernandez, menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif Fajar Paper dalam upaya melestarikan lingkungan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dalam sambutannya, ia juga mengapresiasi langkah Fajar Paper yang menggandeng pemerintah daerah dalam kegiatan pelestarian lingkungan ini, serta mendukung sepenuhnya upaya Fajar Paper untuk menciptakan dampak positif bagi kelestarian alam.

Perwakilan Manajemen PT. Fajar Surya Wisesa Tbk, Thomas Kosim, mengatakan, “Penanaman pohon dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini merupakan wujud dari komitmen perusahaan dalam mendukung keberlanjutan lingkungan, kegiatan penghijauan yang dilakukan Fajar Paper merupakan agenda rutin yang kerap dilakukan di lingkungan perusahaan.

“Penanaman pohon di ruang hijau yang berada di area pabrik Fajar Paper membuat keseimbangan yang ideal antara area industri dan area penghijauan, sehingga lingkungan kerja yang ideal dapat tercipta, pelaksanaan kali ini dipilih pohon Mahoni yang merupakan jenis pohon berbatang keras dan mampu membantu menjaga keberlangsungan ekosistem yang asri.

FajarPaper juga menggandeng DLH Kabupaten Bekasi dalam pelaksanaannya, kami berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk mengambil bagian dalam upaya pelestarian lingkungan, “lanjut Thomas.

Perwakilan Manajemen PT Fajar Surya Wisesa Tbk, Ardie Oscar mengatakan, “Fajar Paper sebagai produsen kertas yang menggunakan kertas dan kardus bekas sebagai bahan baku, mengerti arti penting pohon bagi keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan lingkungan. Hari ini, ditanam 20 pohon Mahoni di area pabrik. Dengan adanya penanaman pohon ini, diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan upaya pengurangan dampak lingkungan.

Pemilihan pohon Mahoni tidak hanya dilihat dari manfaatnya, namun juga kekuatan yang dimiliki. Selain sebagai pohon yang dikenal dapat menyaring udara dan pelindung karena kerindangannya, pohon Mahoni juga merupakan pohon yang mampu bertahan hidup di tanah gersang sekalipun. Kekuatan inilah yang sekaligus menjadi harapan Fajar Paper dapat bertahan kokoh seperti halnya pohon Mahoni.

Perwakilan karyawan Fajar Paper, Aryanto mengatakan, “Mewakili karyawan Fajar Paper, kami merasa bangga menjadi bagian dari perusahaan yang peduli terhadap lingkungan. Kegiatan penanaman pohon ini memberikan kami kesempatan untuk berkontribusi langsung dalam menjaga alam di dalam maupun di luar perusahaan.

Kami berharap bisa terus melibatkan diri dalam inisiatif serupa di masa mendatang  ”kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan oleh Fajar Paper.

Sebelumnya, aksi kegiatan menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kab. Bekasi telah dimulai sejak 5 Mei 2024 dan puncaknya pada 5 Juli 2024, dilakukan dengan berbagai aksi kegiatan seperti aksi bersih sungai, penanaman mangrove, sepeda sehat, dan kegiatan lainnya. Fajar Paper telah berpartisipasi dalam kegiatan aksi bersih sungai di Daerah Aliran Sungai (DAS) pada bulan Mei 2024, dan bulan ini perusahaan melaksanakan aksi penanaman pohon.

FajarPaper berharap rangkaian kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan hidup dan inspirasi untuk turut serta dalam upaya pelestarian alam, sehingga tercipta lingkungan yang lebih hijau dan sehat bagi generasi mendatang.

Tentang Fajar Paper

Fajar Paper, salah satu perusahaan terkemuka di bidang usaha manufaktur kertas untuk kemasan yang memproduksi containerboard (Liner dan Corrugating Medium) dan boxboard, dan dipasarkan ke dalam maupun beberapa negara lain. Dengan menggunakan 100% kertas bekas sebagai bahan bakunya, FajarPaper turut mencegah kerusakan hutan alam, pencemaran lingkungan hidup, dan menerapkan keberlangsungan dalam proses produksinya.

Fajar Paper berkomitmen melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud tanggung jawab terhadap masyarakat yang mencakup bidang pendidikan, kemasyarakatan, dan lingkungan hidup. Dalam bidang pendidikan, FajarPaper memiliki program diantaranya renovasi sekolah, pemberian alat sekolah ke Sekolah Dasar, dan beasiswa.

Melalui bidang kemasyarakatan atau sosial, Fajar Paper membantu daerah yang terkena banjir dan menyediakan instalasi air bersih, serta aspek lingkungan, menyediakan sarana pengangkut sampah dan secara rutin juga melakukan program bersih sungai di Desa Kalijaya. (Ali M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *